Home / Gema Sriwijaya / Digoyang Gempa, OKU Siaga Satu

Digoyang Gempa, OKU Siaga Satu

Terpisah, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang, Agus Santoso, Minggu malam (20/8/2017) mengatakan, dari hasil pemantauan BMKG sekitar pukul 08.06 WIB gemba bumi tektonik tersebut terjadi di wilayah Kabupaten OKU hingga perbatasan Muara Enim.

Menurutnya, gempa bumi tersebut berkekuatan 5 skala richter yang terjadi dengan koordinat episenter pada 4,21 LS dan 103,78 BT pada kedalaman 10 Km, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 32 km arah barat daya OKU Provinsi Sumsel.

“Bahkan dampak dari gempa bumi di OKU ini juga terasa guncangan di Muara Enim dan Kota Pagaralam. Sementara ini di Palembang tidak terasa guncangan akibat gempa bumi tersebut. Kalau pun ada, yang terasa guncangan tidak terlalu besar,” katanya saat dihubungi.

Diungkapkan Agus, gempa bumi ini terjadi akibat aktivitas sesar lokal dengan mekanisme sumber berupa sesar mendatar, dan dari monitoring BMKG gempa tersebut belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) serta tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Untuk itu, kita menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, karena dari pantauan kita tida ada aktivitas gempa bumi susulan,” tandasnya. (had/ded)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

TNI Beri Bantuan Kepada Para Korban Kebakaran di 15 Ulu

Palembang, KoranSN TNI Kodam II/Swj, Selasa (22/5/2018) memberikan bantuan kepada para korban kebakaran di RT ...

error: Content is protected !!