Dihadiri Ketua Dewan Pers, JMSI Jatim Dinyatakan Lolos Verifikasi Faktual



Ketua Dewan Pers, Prof Dr M. Nuh saat menyerahkan berkas verifikasi kepada Ketua JMSI Jatim Eko Pamuji. (Foto/Ist)

Surabaya, KoranSN

Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jawa Timur telah dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Dewan Pers. Verifikasi faktual ini langsung dihadiri Ketua Dewan Pers, Prof Dr M. Nuh, Komisioner Dewan Pers,  Agus Sudibyo,  Ketua JMSI Pusat, Teguh Santosa di Kantor JMSI Jatim di Surabaya, Senin (8/3/2021).

Kepada para pengurus JMSI Jatim M. Nuh mengatakan ada tiga yang perlu dicermati bagi insan jurnalis siber.

“Selain administrasi, saya mencatat ada tiga hal yang perlu dicermati bagi JMSI jika masuk dalam dunia siber. Pertama, JMSI diminta kuasai digital culture. Substansi siber seperti apa. Ada dua hal yakni physical space dan siber space. Di sini kita melakukan migrasi,” jelas Nuh.

Baca Juga :   Jemaah Haji Jangan Takut Masuk Bus Salawat Kosong

Ditambahkan Nuh, saat ini masyarakat tidak bisa membedakan mana media siber dan mana media sosial (Medsos).

“Ini yang harus dijelaskan ke masyarakat. Mana yang riil (siber) dan mana imajiner (Medsos),” terangnya. Salah satu hal yang dikhawatirkan Nuh dengan berkembangnya media siber adalah terjadinya ubiquitous.

“Media siber punya resiko tinggi, yakni terjadi ubiquitous. Jika terjadi kesalahan maka (kesalahan) ini bisa lari kemana-mana. Sebab ubiquitous ini karakteristiknya lintas wilayah. Tidak terikat waktu. Kesalahan ini yang kemudian menjadi hoax,” kata Nuh.  HALAMAN SELANJUTNYA  >>

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Indonesia Serukan Solidaritas Global Akses Vaksin COVID-19 di PBB

Jakarta, KoranSN Indonesia kembali menyerukan pentingnya solidaritas global untuk memastikan akses vaksin COVID-19 yang berkeadilan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.