Home / Dari Desa ke Desa / Dikepung Asap, Warga Ngungsi ke Kantor Camat Kayuagung

Dikepung Asap, Warga Ngungsi ke Kantor Camat Kayuagung

Wabup (berpeci hitam) menegok Balita yang mengungsi.(foto-yudi/koransn)

Kayuagung, KoranSN

Hampir seratus jiwa dari puluhan KK warga Kelurahan Kedaton terpaksa mengungsi ke Balai Kantor Camat Kayuagung Kabupaten OKI karena pemukiman mereka dikepung asap Karhutla. Pengungsian ini pertama terjadi sepanjang musim Karhutla tahun ini.

Warga dievakuasi menggunakan berbagai mobil Pemkab OKI sejak Minggu (3/10/2019) malam. Mulanya mereka ditempatkan di Kantor Lurah Kedaton, namun karena tidak mampu menampung maka dialokasikan ke kantor camat.

Kemarin, Wabup OKI HM Dja’far Shodiq menyambangi warga yang ngungsi di kantor camat untuk memberikan semangat dan bantuan Sembako. Ia menjamin, warga yang dievakuasi akibat terdampak kabut asap karena kebakaran lahan di areal dekat PT RAJ Sepucuk Kayuagung terlayani.

Baca Juga :   Ribuan Siswa SMP di Prabumulih Belum Terima Ijazah

“Bukan banyaknya bantuan yang diberikan, tapi pelayanan dan kehadiran pemerintah di tengah bencana yang mereka alami yang kita pastikan,”ungkap Wabup saat mengunjungi warga lingkungan 4 RT 8/9 Pancur Kelurahan Kedaton yang mengungsi.

Dja’far Shodiq meminta warga untuk tetap sabar dan berdo’a agar kebakaran lahan dapat teratasi oleh Satgas yang sedang berjibaku mendinginkan areal terbakar serta segara turun hujan.

Perwakilan warga yang dievakuasi bernama Asnawati mengungkap, sejak Minggu malam dia dan ketiga anaknya menginap di Kantor Camat Kayuagung. Asap yang tebal menurut dia memaksa warga untuk meninggalkan rumah.

“Di sini ibu-ibu dan anak-anak, Bapak-bapaknya berjaga di rumah dan sebagian membantu Satgas memadamkan api. Terimakasih, kami dilayani dengan baik, disiapkan makan, minum juga pelayanan kesehatan khusus bayi dan anak-anak ada ruangan khusus,”ujar dia sembari berharap dapat segera pulang ke rumah.

Baca Juga :   Petani Kopi di Pagaralam Produksi Pupuk Organik Cair

Camat Kayuagung Dedy Kurniawan SSTP didampingi Lurah Kedaton Abdullah Sahri mengatakan, evakuasi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran ke pemukiman warga. Kapolsek Kayuagung AKP Nasharudin meyakinkan penduduk agar tidak mengkhawatirkan keamanan rumah yang ditinggalkan.

Terkait pemulangan warga, BPBD OKI belum dapat memastikan hingga kebakaran lahan dapat ditanggulangi.

“Upaya pemadaman kita lakukan sejak kemarin hingga malam, hari ini kita minta tambahan water boombing serta eskavator, mudah-mudahan api dapat dipadamkan dan warga segera diantar ke rumah masing-masing,”ungkap Kepala BPBD OKI Listiadi Martin SSos MSi. (iso)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Tim Pemkab OI Temukan Penyelewengan Dana Desa Rp 58 Juta di Desa Tanjung Atap

Indralaya, KoranSN Dugaan penyimpangan dana desa (DD) dan Bumdes oleh mantan Kades Tanjung Atap terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.