Dinas Kesehatan Pastikan PALI Bebas Wabah Difteri

H. Muzakkir. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Dinas Kesehatan Kabupaten PALI, Kamis (14/12/2017) menyatakan Daerah Otonomi Baru (DOB) PALI yang kini masuk usia ke 4, bebas dari wabah difteri.

Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PALI, dr H Muzakir sebagai tindak lanjut maraknya pemberitaan merebaknya wabah difteri di sejumlah daerah di wilayah Nusantara.

“Dari data di semua Puskesmas, sampai saat ini belum ada kasus yang menyatakan ada pasien positif difteri. Apabila ada pasien panas dengan gejala gangguan tenggorokan, kami tekankan kepada pihak Rumah sakit atau puskesmas harus dipastikan bahwa itu bukan difteri, bila ragu rujuk ke dokter THT, agar ketika terjadi gejala difteri bisa ditangani dengan segera,” ungkap dr Muzakir.

Baca Juga :   SMA Bukit Asam Sabet Juara Satu Perpustakaan se-Sumsel

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar secepatnya mendatangi tempat pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala sakit panas tinggi disertai sakit tenggorokan.

“Dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah difteri, kami himbau kepada masyarakat, bila sakit secepatnya datang ke unit pelayanan kesehatan terdekat, agar gejala penyakit bisa terdeteksi,” sarannya.

Hal itu dilakukan pihak Dinkes sebagai langkah antisipasi adanya wabah difteri.

“Kita sudah edarkan pemberitahuan kepada seluruh Puskesmas,bidan desa serta pos kesehatan masyarakat lainnya agar secepatnya melaporkan apabila ada pasien yang terindikasi difteri, supaya PALI benar-benar bebas wabah tersebut,” harapnya. (ans)

Baca Juga :   Avia Star Landing di Bandara Atung Bungsu
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

OKU Timur Siap Gelar STQH Tingkat Provinsi

Martapura, KoranSN Kabupaten OKU Timur menjadi tuan rumah pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an Hadits (STQH) XXVI …