Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020

Dinas Pariwisata OKUS Sambut Baik Workshop Surat Ulu/Aksara Kaganga 2019

OKU Selatan, KoranSN

Dinas Pariwisata Kabupaten OKU Selatan menyambut baik Workshop Workshop Surat Ulu/Aksara Kaganga tahun 2019 yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel, Selasa (2/4/2019) di Aula Pemkab OKU Selatan.

Workshop ini dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat didampingi Kepala Dinas Pariwisata OKU Selatan.

Selain itu juga hadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel, Alfa S Sarkoni, Kepala OPD di Kabupaten OKU Selatan, para Ketua Suku Kabupaten OKU Selatan dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal dalam laporannya menyampaikan, tujuan disenggarakannya Workshop Surat Ulu/aksara Kaganga 2019 ini adalah melestarikan nilai-nilai budaya, mengenal tentang naskah kuno berupa tradisi tulis yang pernah ada sejak jaman Sriwijaya, dan meningkatkan apresiasi masyarakat agar lebih memahami budaya daerah.

Baca Juga :   Pemerintah Aceh Diminta Promosikan Pariwisata Pulau Nasi

Menurutnya, para peserta workshop berasal dari berbagai profesi, diantaranya; guru, budayawan, dan komunitas dan instansi terkait baik utusan dari dalam maupun luar Kabupaten OKU Selatan

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat OKU Selatan, Joni Rafles dalam kesempatan itu juga menyampaikan, bahwa adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat merupakan salah satu modal sosial yang dapat dimanfaatkan dalam rangka pelaksanaan pembangunan. Sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian dan pengembangan sesuai dengan karakteristik dari masyarakat adat.

Joni Rafles mengatakan, Aksara Ulu merupakan salah satu budaya adat yang mulai langka dan harus dilestarikan. Dimana pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan nilai sosial budaya ini untuk membudayakan kembali huruf aksara khas adat, terutama bagi generasi muda agar tidak punah di masa mendatang.

Baca Juga :   Menggendong Anak di Kebun Kopi

Ia sangat mengapresiasi kegiatan workshop ini, karena dengan acara ini berarti telah berusaha melestarikan salah satu adat yang hampir punah. (dan)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Pemilihan Putri Indonesia 2020 Promosikan Wisata Labuan Bajo

Jakarta, KoranSN Ajang pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2020 yang mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.