Home / Gema Sriwijaya / Dinas Perikanan Pemkab Lahat Terus Berikan Edukasi Kepada Nelayan

Dinas Perikanan Pemkab Lahat Terus Berikan Edukasi Kepada Nelayan

Suasana sosialisasi dan pembentukan kelompok nelayan se-Kecamatan Merapi Barat yang dihadiri oleh Camat Merapi Barat. (foto-ist)

Lahat, KoranSN

Kabupaten Lahat merupakan salah satu kabupaten yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah seperti hasil tambang dan hasil bumi beserta pertaniannya, bahkan sungainya sangat kaya dengan berbagai macan jenis ikan.

Sehingga tidak sedikit masyarakat di Kabupaten Lahat menggantungkan hidup menjadi nelayan dengan mata pencarianya di Sungai Lematang, sungai yang memiliki kekayaan alam melimpah. Untuk itulah Dinas Perikanan Kabupaten Lahat terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para nelayan.

Bahkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lahat, Drs Deswan Irsyad MPdI bersama Kabid Pemberdayaan, Nuriatul Qibtiyah SE MM belum lama ini telah membuat pengukuhan dan pembentukan kelompok nelayan yakni, Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Dimana dalam KUB ini, Dinas Perikanan melakukan sosialisasi pemberdayaan kepada KUB Pandan Kepiat dan Pandan Lampam di Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat Lahat. Sosialisasi ini terdiri dari beberapa kelompok yang telah dirintis bersama antara nelayan, perangkat desa dan penyuluh perikanan.

Sosialisasi ini juga bertujuan untuk memaksimalkan hasil tangkapan ikan oleh masyarakat setempat dengan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.

Dalam sosialisasi tersebut, pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan juga memberikan bantuan berupa alat tangkap ikan yang ramah lingkungan berupa, jaring dan bubu untuk kelompok yang telah dikukuhkan.

Bukan hanya itu, kegiatan sosialisasi ini sudah banyak dilakukan di beberapa desa diantaranya; Desa Ulak Pandan Kelurahan Gunung Gajah, Desa Tanjung Payang, Desa kota Agung dan Desa Sukarame.

Sosialisasi budidaya ikan yang baik serta kegiatan ramah tamah dengan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di blok B Kelurahan Bandar Jaya Lahat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lahat Drs Deswan Irsyad MPdI berharap, pembentukan kelompok usaha bersama (KUB) dapat membantu para nelayan lokal menangkap ikan dengan hasil yang lebih baik dengan konsep ramah lingkungan. Sebab, selama ini masih ada masyarakat yang menangkap ikan dengan menggunakan racun atau dengan sistem setrum.

“Dengan adanya penyuluhan dari Dinas Perikanan Kabupaten Lahat, para nelayan di Lahat akan lebih paham mengenai sistem penangkapan ikan yang aman dan ramah lingkungan,” katanya.

Himbauan dan larangan tersebut juga disampaikan pihaknya kepada para warga desa, agar warga tidak menggunakan alat atau bahan terlarang dalam menangkap ikan seperti menggunakan potasium sianida, setrum dan bom ikan.

Selain memberikan sosialisasi dan himbauan, Dinas Perikanan Kabupaten Lahat juga melakukan restocking atau menebar ikan di perairan umum yang tujuannya untuk menambah populasi ikan di perairan sehingga dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan bagi nelayan yang beujung meningkatkan perekonomian warga. (rob)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Event JAPAN II Tunjukkan PALI Aman dari Aksi Kriminalitas

PALI, KoranSN Event Jelajah Alam PALI Adventure Anti Narkoba (JAPAN) II yang digelar dalam rangka ...

error: Content is protected !!