Kamis , Februari 21 2019
Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / Dinas Sosial Sebut di 2018 Warga Miskin Empat Lawang Menurun

Dinas Sosial Sebut di 2018 Warga Miskin Empat Lawang Menurun

Ilustrasi. (foto-net)

Empat Lawang, KoranSN

Berdasarkan data Program Keluarga Harapan (PKH), di tahun 2018 jumlah masyarakat miskin di Empat Lawang mengalami penurunan.

Hal itu dipengaruhi berbagai komponen-komponen yang menjadi standar Dinas Sosial untuk menilai miskin atau tidak masyarakat tersebut.

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang, Fafif Fortuna menjelaskan, setiap masyarakat yang sebelumnya terdata sebagai kategori masyarakat miskin, pada saat dinilai kembali pertiga bulan, sudah dianggap mampu terutama dari segi pendapatan atau ekonomi maka akan dikeluarkan dari kategori miskin, karena sudah tidak masuk kriteria lagi.

Selain kriteria diatas juga masih ada komponen yang menjadi acuan Dinas Sosial, untuk mengeluarkan masyarakat dari kategori miskin yakni apabila dikeluarga,
tidak memiliki lagi balita atau anak sekolah dan penyandang disabilitas serta Manula
yang masih menjadi tanggungjawab keluarga.

Baca Juga :   Waspada AIDS, Dinkes Muratara Minta Warga Lakukan Tes Darah

“Bagi peserta yang komponennya sudah dianggap hilang seperti tidak ada lagi anak balita dan anak sekolah, walaupun dianggap miskin namun dikeluarkan dari PKH. Namun masih akan tetap mendapatkan bantuan diluar PKH seperti bantuan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS),” ungkapnya, Selasa (20/11/2018).

Dikatakannya, di tahap tiga, yaitu bulan Juli hingga September jumlah masyarakat miskin berdasarkan data PKH berjumlah 7.294 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sedangkan di tahap empat yaitu bulan Oktober sampai sekarang menurun menjadi 7.164 KPM se-Kabupaten Empat Lawang.

Untuk jumlah keseluruhan KPM di Empat lawang yakni Kecamatan Lintang Kanan berjumlah 1.181 KPM, Kecamatan Muara Pinang 1.056 KPM, Kecamatan Sikap Dalam 300 KPM.

Baca Juga :   Muba Miliki Storage Minyak Pertama di Indonesia yang Dikelola BUMD

Selanjutnya, Kecamatan Ulu Musi 510 KPM, Kecamatan Talang Padang 443 KPM, Kecamatan Tebing Tinggi 1.268 KPM, Kecamatan Saling 453 KPM, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) 628 KPM, Kecamtan Pendopo 1.087 KPM dan Kecamatan Pendopo Barat 368 KPM, dengan total se-Kabupaten 7294 KPM.

“Sedangkan, ditahap empat ini, Kecamatan Lintang Kanan 1.163 KPM, Kecamatan Muara Pinang 1.041 KPM, Kecamatan Sikap Dalam 288 KPM, Kecamatan Ulu Musi 508 KPM, Kecamatan Talang Padang 442 KPM, Kecamatan Tebing Tinggi 1.232 KPM. Untuk di Kecamatan Saling 450 KPM, Kecamatan Pasemah Air Keruh 628 KPM, Kecamatan pendopo 1.058 KPM dan Kecamatan Pendopo barat 354 KPM. Ini menurun 130 KPM dan akan bisa terus menurun,” tutupnya. (foy)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Asfan Pimpin SFC

Lahat, KoranSN Gubernur Sumsel H Herman Deru menepati janjinya memberi kejutan terkait siapa yang dipercayanya ...