Selasa , Oktober 23 2018
Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / Dinkes Banyuasin Bantah Vaksin MR Berbahaya

Dinkes Banyuasin Bantah Vaksin MR Berbahaya

Kasi Surveilans Imunisasi Firmanto,SKM, MKM. M.Med. Sc. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin dr Hakim melalui Kasi Surveilans Imunisasi Firmanto membantah vaksin measles rubella (MR) berbahaya bagi anak usia di bawah umur. Pernyataan ini membantah berita yang simpang siur di media sosial.

“Dari segi keamanan Dinas Kesehatan Banyuasin menjamin vaksin MR, kita membantah vaksin MR berbahaya bagi anak di bawah umur,” katanya kepada wartawan di ruang rapat Dinas Kesehatan, Selasa (7/8/2018).

Dikatakan Firmanto, dari segi kehalalan pihaknya membenarkan bahwa vaksin MR belum memiliki sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), namun telah diuji dengan cara spot test. Menurutnya, selama tidak ada bukti haram, berarti hal itu masih dikategorikan halal.

Baca Juga :   KH Said Aqil Siroj Resmikan MWCNU Sungai Lilin

“Semua benda dianggap halal sampai ada bukti bahwa dia haram. Kalau pada vaksin MR tidak ketemu buktinya, ya artinya halal,” tuturnya.

Dijelaskan Firmanto, vaksin MR yang diproduksi oleh Serum Institut of India ini sebelumnya sudah di sosialisasikan di Pulau Jawa pada tahun 2017. Saat itu masih berupa pengobatan berbayar yang hanya ada di rumah sakit swasta. Akibat permintaan yang membludak dari masyarakat yang ingin anaknya diimunisasi, maka oleh Kemenkes imunisasi MR digratiskan pada tahun 2018.

Baca Juga :   130 Kades dan Sekdes Bimtek Awal Masa Jabatan

“Ini sudah lama Kemenkes siapkan vaksin MR, pada saat itu di Pulau Jawa tepatnya di semua Pulau Jawa vaksin MR ini disosialisasikan pada tahun 2017 yang lalu, pada tahun 2018 kecuali di luar Pulau Jawa,” ujarnya.

“Diharapkan masyarakat Kabupaten Banyuasin tidak mudah terprovokasi dengan isu yang tidak jelas asal-usulnya,” tambah Firmanto.

Firmanto mengimbau kepada semua masyarakat khususnya orang tua jangan ragu untuk imunisasi anaknya. “Ayo Datang ke Puskesmas satu kali disuntik imunisasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak,” pungkasnya. (sir)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

HSN ke-3, Empat Lawang Peringati Hari Santri di Tingkat Kecamatan

Empat Lawang, KoranSN Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN) ini disahkan oleh ...

error: Content is protected !!