Dinkes: Sebagian Besar Penderita HIV di Padang dari Daerah Lain

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani. (Foto-Antaranews)

Padang, KoranSN

Dinas Kesehatan Kota Padang mengungkapkan sebagian besar penderita HIV/AIDS yang terdata dan ditemukan pada 2019 berasal dari luar kota bahkan ada yang berasal dari luar Sumatera Barat.

“Dari 287 temuan kasus HIV/AIDS pada 2019, sebanyak 150 orang atau 52,3 persen penderitanya berasal dari luar Kota Padang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani di Padang, Rabu.

Kemudian pada 2018 dari 447 kasus HIV yang ditemukan sebanyak 268 orang atau 60 persen berasal dari luar Kota Padang.

Menurut dia, selama ini berkembang informasi di Sumatera Barat, penderita HIV tertinggi ada di Padang dan ternyata setelah ditelusuri lebih banyak yang berasal dari luar Padang, namun berobat di Padang.

Baca Juga :   Konsumsi Nanas saat Hamil Bikin Keguguran, Mitos atau Fakta?

Ia menilai tingginya angka HIV/AIDS di Padang juga karena penduduk di kota ini terkonsentrasi dan jumlah warga paling banyak di banding daerah lain.

Feri menilai hal itu terjadi karena fasilitas pengobatan di Padang cukup baik dan pihaknya tidak melakukan diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS.

Di Padang terdapat 23 puskesmas dan dua rumah sakit yang siap memberikan pelayanan terhadap penderita HIV/AIDS, kata dia.

Untuk melacak penderita HIV, Dinas Kesehatan Kota Padang melakukan pemantauan kepada kelompok berisiko dengan memberikan beragam penjelasan.

Setelah yang bersangkutan diberikan penjelasan dan pemahaman kemudian yang bersangkutan bersedia langsung dilakukan tes darah, kata dia.

Baca Juga :   Nasi yang Terus Dipanaskan Dalam Rice Cooker Bisa Beracun

Ke depan dalam rangka mengantisipasi HIV dan AIDS, pihaknya melakukan sosialisasi pada pelajar, tingkat SMP dan SMA , guru dan mahasiswa.

Kemudian juga dilakukan koordinasi dengan OPD terkait dan dilakukan pemeriksaan pada ibu hamil dan pasien TB serta tes pada kelompok berisiko, lelaki sesama lelaki, waria, pekerja seks komersial dan warga binaan di rutan dan lapas. (antara/ima)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Air Mineral Hantarkan Listrik Karena Mengandung Besi? Cek faktanya!

Jakarta, KoranSN Sebuah video berjudul “Awas Air Mineral Mengandung Zat Besi Tinggi” beredar di kanal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.