Diperiksa KPK, Ucok Hidayat: Saya Tidak Kenal Muchtar Effendi

Penyidik KPK membawa koper berisi berkas hasil pemeriksaan para saksi di Polresta Palembang. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Penyidik Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Rabu (24/1/2018) memeriksa mantan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ucok Hidayat terkait kasus suap sengketa Pilkada Kota Palembang tahun 2013 di Polresta Palembang.

Ucok Hidayat diperiksa KPK di ruang penyidik Sat Reskrim Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Polresta Palembang. Usai diperiksa, kepada sejumlah wartawan Ucok mengaku banyak ditanyai soal Muchtar Effendi yang diduga berperan sebagai aktor pengurusan sengketa Pilkada Kota Palembang tahun 2013 di Mahkamah Konstitusi.

“Pertanyaannya sama seperti sebelumnya, tentang Muchtar Effendi. Sekitar empat atau lima pertanyaan. Karena saya tidak tahu dan tidak kenal dengan Muchtar Effendi, makanya tidak diteruskan,” katanya.

Masih dikatakan Ucok, dirinya diperiksa oleh KPK hanya sebagai saksi, karena saat kasus suap itu terkuak dirinya menjabat sebagai Sekda Kota Palembang.

Baca Juga :   Pencarian Bocah di Sungai Ogan Kertapati Masih Dilakukan

“Kapasitas saya waktu itu sebagai Sekda Palembang, makanya saya dipanggil untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Panggilannya melalui surat satu minggu lalu. Jadi pemeriksaan ini benar terkait kasus penyuapan Pilkada tahun 2013,” ungkapnya.

Pantauan Suara Nusantara, selain memeriksa Ucok Hidayat KPK juga memeriksa mantan Kabag Umum Pemkot Palembang yang kini menjabat sebagai Sekertaris Dinas Pariwisata Palembang, Raymond Lauri. Selain itu KPK juga memeriksa mantan Ketua KPU Kota Palembang, Eftiyani.

Sebelumnya, saat baru tiba di Polresta Palembang untuk menghadiri panggilan KPK, Ucok Hidayat enggan berkomentar banyak. Dirinya tampak sempat bingung mencari ruang pemeriksaan sembari bertanya dengan sejumlah petugas.

Kepada wartawan Ucok awalnya tampak sedikit tertutup dan dia hanya mengutarakan jika kedatangannya di Polresta setelah mendapatkan informasi dari temannya kalau dirinya dipanggil KPK untuk menjalani pemeriksaan.

Baca Juga :   Kedapatan Miliki Senpira, Warga Kalidoni Dibekuk

“Saya belum tahu pemeriksaan ini terkait masalah apa, saya tadi pagi diberi tahu teman melalui pesan singkat jika saya dipanggil KPK untuk diperiksa,” ungkap Ucok sembari berjalan menuju ruang penyidik Sat Reskrim Unit Pidkor Polresta Palembang untuk menjalani pemeriksaan KPK. (den)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPK Ingatkan Penyimpangan Dana Covid-19 dan Pilkada Bersih

Jakarta, KoranSN Ketua KPK, Firli Bahuri mengingatkan potensi penyimpangan dana penanggulangan Covid-19 dan juga pentingnya …