Senin , November 19 2018
Home / Kota Musi / Direkomendasikan PKB, Hernoe Cari Calon Walikota

Direkomendasikan PKB, Hernoe Cari Calon Walikota

Hernoe Rosprijadji (berkopiah) menunjukkan surat rekomendasi dari DPP PKB. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Hernoe Rosprijadji resmi mendapat rekomendasi sebagai bakal calon wakil walikota (Cawawako) Palembang dari DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dengan rekomendasi tersebut, Hernoe diwajibkan mencari bakal calon walikota sebagai pasangannya untuk maju pada Pilkada Kota Palembang tahun 2018 mendatang, sebelum pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam keterangan persnya, Hernoe mengatakan, surat rekomendasi tersebut ditandatangani oleh Ketua Desk Pilkada Pusat PKB, Daniel Johan tertanggal 20 September 2017, dengan nomor 036/DESK-PILKADA/PUSAT/IX/2017.

“Tanggal 18 September saya ikut fit and profer test di DPP PKB. Ada 10 bakal calon walikota dan 2 bakal calon wakil walikota yang ikut tes. Dua hari setelah itu, nama saya direkomendasikan sebagai calon wakil walikota dan diperintahkan untuk berkomunikasi dengan bakal calon walikota dan partai politik lainnya,” ungkap Hernoe saat merilis surat rekomendasi di Grand Duta Palembang, Sabtu (23/9/2017).

Ia mengatakan, nantinya setelah resmi berpasangan, surat rekomendasi yang dikeluarkan DPP PKB, akan diganti dengan surat keputusan. “Ini (surat) masih rekomendasi, kalau sudah dapat pasangan (calon walikota,red) surat rekomendasi itu akan diganti dengan surat keputusan,” jelas Hernoe.

Hernoe mengaku, sejauh ini terus menjalin komunikasi politik dengan semua bakal calon walikota yang ada. Secara umum, tidak ada kriteria khusus bagi bakal calon walikota, namun ia berkeinginan mendapat pasangan yang lengkap, nasionalis religius.

“Saya melihat, semua kandidat masih ‘cair’, artinya belum ada yang memastikan diri berpasangan, termasuk nama calon incumbent, Harnojoyo. Kemudian nama Mularis kan baru direkomendasikan Hanura, Sarimuda rekomendasi Nasdem, jadi menurut saya semuanya masih ‘cair’, artinya belum ada mencukupi untuk maju,” beber Hernoe.

Sementara itu, Ketua Dewan Syuroh DPC PKB Palembang, Rafiudin SAg mengatakan, dengan keluarnya rekomendasi ini, maka partai sampai ke tingkat bawah wajib untuk menjalankannya. Dimana dalam surat rekomendasi diberikan mandat kepada Hernoe sebagai calon wakil walikota Palembang dan memerintahkan yang bersangkutan dan partai untuk membangun komunikasi dengan calon walikota.

“Karena PKB hanya 5 kursi maka harus koalisi, butuh 5 kursi lagi untuk mengusung calon. Jika nanti komunikasi sudah terbangun dengan kandidat dan koalisi partai, maka rekomendasi ini akan diganti dengan surat keputusan untuk syarat pendaftaran di KPU,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Desk Pilkada PKB Danil Johan saat dikonfrmasi membenarkan rekomendasi kepada Hernoe sebagai calon wakil walikota Palembang. Menurutnya rekomendasi ini menjadi legalitas Hernoe untuk bergerak membangun komunikasi dengan kandidat calon walikota. “Selanjutnya, sepenuhnya kita serahkan kepada Hernoe untuk membangun komunikasi, rekomendasi ini akan kita ganti menjadi SK Dukungan sebagai syarat mendaftar ke KPU,” pungkasnya. (awj)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Aplikasi Taksi Online Akan Dipasang Tombol Panic Botton

Palembang, KoranSN Pemerintah menunjukkan keseriusannya dalam menjaga keamanan penumpang dan pengemudi taksi online (Taksol), dengan ...

error: Content is protected !!