Disdukcapil Muratara ‘Diserbu’ Warga

Tampak antrian panjang warga yang hendak mengurus pembuatan KTP, KK, surat pindah dan perekaman KTP di Disdukcapil Muratara. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) ‘diserbu’ warga. Mereka mengurus pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), surat pindah dan perekaman KTP, Selasa (4/7/2017).

Nur (45) salah satu warga Desa Noman, Kecamatan Rupit mengaku, mengikuti peraturan dan antri dalam mengurus KTP dan KK keluarganya. Tapi disayangkan nomor antriannya tidak ada.

“Tidak pakai nomor antrian makanya tidak tertib, cuma pakai panggil bae, manggilnyo idak pulo kedengaran,” kritiknya.

“Aku datang dari jam 11.00 wib sampai jam 03.00 sore belum jugo ado panggilan,” tukasnya menambahkan.

Sementara Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Muratara, Mustopa Yusup melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Penduduk Saidina Ali mengakui, warga yang mengurus pembuatan KTP, KK, surat pindah dan perekaman membludak.

Baca Juga :   Taat Hukum, Warga PALI dan Musi Rawas Serahan Senpira ke Polisi

“Hari ini sekitar 100 persen lebih peningkatannyo dibanding hari-hari biaso, pagi tadi aku sudah menandatangani surat keterangan (Suket) itu lebih dari lima puluh, kini warga terus berdatangan, untuk perekaman,” ungkapnya.

Lanjutnya, membludaknya warga yang membuat KTP, KK, surat pindah, rekam KTP itu adalah hal wajar, karena hari pertama masuk kerja pasca Lebaran Idul Fitri dan hari pertama kantor buka.

“Buktinyo tadi aku nengok yang buat surat pindah banyak, jadi hari ini wajar dio membludak datang karno ado yang nak pergi, ado yang nak sekolah, ado yang nak pindah dan hari ini jugo pertamo kerjo, hari pertamo kerjo memang macam itu,” ujarnya.

Baca Juga :   Kabur Dari RSUD, Satu PDP Positif Covid-19 di PALI Lompat dari Lantai Dua

Sambung Ali, untuk mengatasi membludaknya warga, pihaknya siap melayani secara maksimal. “Memang itu haknya warga untuk berurusan, kito hanya melayani apa yang menjadi kehendak mereka, seperti akan membuat KK, akte, pelaksanaan perekaman, dan apapun bentuk administrasi kependudukan,” ujarnya. (snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati Lahat Buka Secara Resmi Festival Tari Kreasi Tradisional dan Lagu Daerah

Lahat, KoranSN Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi daerah, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pariwisata …