Home / Lacak / Ditangkap di Jambi, Spesialis Pencuri Mobil Pick Up di Sukarami Ditembak

Ditangkap di Jambi, Spesialis Pencuri Mobil Pick Up di Sukarami Ditembak

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Tampak ketiga tersangka (mengenakan baju tahanan) saat diamankan di Polsek Sukarami Palembang. (Foto-foto/Dedy/Koransn)

Palembang, KoranSN

Aparat kepolisian Polsek Sukarami membekuk tiga tersangka yang merupakan spesialis pencuri mobil pick up. Ketiga tersangka tersebut yakni; Husni Effendi (40), warga Jalan Macan Lindungan Kelurahan Bukit Lama Kecamatan IB I Palembang, M Sahruddin alias Dudu (34), warga Jalan Alang-alang Lebar dan Endang (35), warga Jalan Pulo Gadung Kelurahan Karya Baru Palembang.

Dari ketiga tersangka, pihak kepolisian terpaksa menembak kaki tersangka Husni Effendi dan M Sahruddin, lantaran saat ditangkap keduanya melakukan perlawanan dan hendak melarikan diri.

Kapolsek Sukarami Palembang, Kompol Rivanda melalui Kanit Reskrim, Iptu Marwan, Selasa (13/3/2018) mengatakan, ketiga tersangka ditangkap di Jambi setelah polisi mengetahui keberadaan para tersangka berdasarkan hasil penyelidikan.

“Para tersangka kami tangkap di Jambi. Dari ketiga tersangka, dua diantaranya kami berikan tindakan tegas karena melakukan perlawanan dan hendak melarikan diri saat ditangkap,” katanya saat gelar tersangka dan barang bukti di Mapolsek Sukarami Palembang.

Masih dikatakannya, para tersangka merupakan komplotan spesialis pencuri mobil pick up yang sudah bertahun-tahun melakukan aksi pencurian, dimana aksi terakhir para tersangka dilakukan di kediaman korban di Jalan Kolonel Sulaiman Amin Kecamatan Alang-alang Lebar pada 9 Maret 2018, pukul 03.00 WIB.

“Komplotan ini sudah delapan kali melakukan pencurian mobil pick up yang terdiri dari; lima TKP di wilayah hukum Polsek Sukarami, dua TKP di wilayah hukum Polsek Kemuning dan satu TKP lagi berada di wilayah hukum Polsek IB I Palembang,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakannya, dari penangkapan ketiga tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa; satu unit mobil pick up milik korban, satu unit sepeda motor yang digunakan tersangka dalam melancarkan aksi kejahatan serta dua kunci T.

Tampak ketiga tersangka saat diamankan.

“Kini ketiga tersangka dan barang bukti telah diamankan di Polsek Sukarami. Untuk mempertangungjawabkan perbuatannya para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pidana 9 tahun penjara,” tegasnya.

Sementara tersangka Husni Effendi mengatakan, setiap mobil pick up yang berhasil dicuri dijualkannya di Jambi.

“Delapan kali saya sudah mencuri mobil, untuk mobil pick up hasil curian semuanya saya jual ke Jambi dengan harga Rp 20 juta. Untuk pembelinya saya tidak kenal, karena setiap menjual mobil, kami selalu janjian di suatu tempat untuk bertemu,” ujarnya.

Masih dikatakan tersangka, dalam melancarkan aksi pencurian tersebut, awalnya dirinya bersama dua rekannya M Sahruddin dan Endang lebih dulu berkeliling mengendarai sepeda motor guna mencari mobil pick up yang diparkirkan di luar pagar rumah korbannya.

“Usai mendapati ada mobil pick up terparkirkan di luar pagar rumah, barulah saya melancarkan aksi dengan membongkar pintu mobil dan kunci stang menggunakan kunci T. Kemudian untuk menghidupkan mobil tersebut saya juga menggunakan kunci T, setelah mobil itu hidup selanjutnya saya yang membawa kabur,” terangkanya.

Sedangkan untuk tersangka M Sahruddin dan Endang, lanjut tersangka Husni Effendi, saat beraksi keduanya hanya berperan mengawasi situasi sekitar.

“Saya yang melakukan aksi, kalau mereka berdua (M Sahruddin dan Endang) hanya mengawasi dari atas sepeda motor. Setelah berhasil mencuri lalu keduanya mengikuti mobil pick up yang saya bawa dari belakang,” tandasnya.

Sedangkan tersangka M Sahruddin dan Endang mengatakan jika mereka ikut mencuri mobil pick up setelah diajak oleh tersangka Husni Effendi.

“Kami hanya bertugas mengawasi situasi sekitar, kalau yang mencuri Husni Effendi,” ujar M Sahruddin dan Endang bergantian. (ded)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Bandit Pecah Kaca di Prabumulih Gondol Uang Rp 450 Juta

Prabumulih KoranSN Bandit pecah kaca, Rabu (15/8/2018) beraksi di Jalan Sudirman Kota Perabumulih, tepatnya di ...

error: Content is protected !!