Ditetapkan Jadi Tersangka, Gatot Ajukan Praperadilan

Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho

Jakarta, SN
Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho akan segera mengajukan upaya praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka. Kuasa hukumnya, Razman Arief Nasution mengatakan, praperadilan akan ditempuh lantaran KPK dianggap melanggar undang-undang dalam menetapkan kliennya.

“Kami akan lakukan upaya hukum cepat, apa itu, pasti kita akan lakukan upaya praperadilan,” kata Razman di Gedung KPK, Rabu (29/7).

Razman menyebut KPK mengabaikan KUHAP (Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana) dan peraturan lain yang berlaku. Apalagi, kata Razman, pihaknya belum menerima surat pemberitahuan KPK soal peningkatan status kliennya.

“Yang menjadi persoalan sekarang adalah sampai dengan saat ini saya belum diberitahu tentang status dari klien saya yang katanya sudah ditingkatkan menjadi tsk, idealnya menurut saya status itu diberitahu,” ucapnya.

Baca Juga :   Aksi Coret Baju, Konvoi Hingga Pelanggaran Lalu Lintas warnai HARDIKNAS

Selasa, 28 Juli kemarin, Gubernur Gatot Pujo Nugroho bersama istrinya Evy Susanti ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya diduga memberikan suap kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Medan. Penetapan tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas Pimpinan KPK lndriyanto Seno Adji melalui pesan singkatnya kepada wartawan.

Berdasarkan keterangan lndriyanto, penetapan Gatot sebagai tersangka berdasarkan gelar perkara yang dihadiri pimpinan KPK serta Tim Satgas. Gatot dan sang isteri disangkakan telah melanggar pasal 6 ayat 1 huruf a dan pasal 5 ayat 1 huruf a atau b dan atau pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo pasal 64 ayat 1 dan pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana. (vvn)

Baca Juga :   Info Dari Masyarakat, Pesawat Tabrak Gunung, Ditemukan di Okbape
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Potensi Konflik, IDE Center: Pelaksanaan Pilkada Harus Diawasi

Jakarta, KoranSN Direktur Eksekutif Indonesian Democratic (IDE) Center C David Kaligis menyebutkan potensi konflik dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.