Ditjen Pajak Akui Ada Sindikat Jual Beli Faktur Pajak di Sumsel

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumsel Babel, Samon Jaya. foto-ferdinand d
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumsel Babel, Samon Jaya. foto-ferdinand d

SINDIKAT jual beli faktur pajak bukan hanya terjadi di Jakarta, buktinya saat ini Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Ditjen Pajak Sumbagsel dan Babel mendalami keberadaan sindikat tersebut di wilayah Sumsel.

Hal itu diungkapkan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Sumbagsel dan Bangka Belitung, Samon Jaya kepada Suara Negeriku.

Menurutnya, jual beli faktur pajak merupakan tindak pidana perpajakan karena tergolong dalam transaksi faktur pajak tidak pada sebenarnya.

“Jadi, untuk sindikat jual beli faktur pajak ini ada di Sumsel, kini masih kita dalami terlebih dahulu,” ungkapnya.

Baca Juga :   Jual Sabu, Oknum PNS Kelurahan di Lubuklinggau Dibekuk

Masih dikatakannya, dalam penegakan hukum, penyidik PPNS Ditjen Pajak masih melakukan pengumpulan data-data. Dari itu untuk saat ini dirinya belum dapat mengungkapkan secara detail terkait sindikat jual beli faktur pajak yang berada di Sumsel.

“Tapi nanti jika sudah di persidangan maka semuanya bisa dilihat. Kalau saat ini belum kita informasikan, karena masih di dalami,” katanya.

Dicontohkan Samon, adapun modus yang digunakan sindikat ini yakni menjual belikan faktur pajak milik satu perusahaan kepada perusahaan lainnya sehingga terjadi tindak pidana faktur pajak
tidak pada sebenarnya.

“Jadi, ini bukan pajak fiktif. Yang dimaksud dengan tidak pada sebenarnya, yakni pelaku menjualkan faktur pajak dari perusahaan ke perusahaan lainnya. Hal itu dilakukan untuk megelabuhi petugas Ditjen Pajak dan membuat seolah-olah perusahaan yang membeli faktur pajak ini telah membayarkan wajib pajaknya. Di Sumsel modus seperti ini telah kita ungkap, seperti kasus dugaan wajib pajak atas nama Teddy. Namun dalam perkara di pengadilan kita kalah, kini kita melakukan upaya hukum kasasi ke MA,” tandasnya. (dedy suhendra)

Baca Juga :   Ribuan Ekstasi Berlogo Mahkota Gagal Beredar di Palembang
Iklan Polres Lahat

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Tim Densus 88 Tangkap 6 Terduga Teroris di Solo Jateng

Jakarta, KoranSN Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri telah menangkap enam terduga teroris di wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.