Divonis Mati, Michael Pembawa 20 Kg Sabu & 18.800 Butir Ekstasi Menangis

Terdakwa Michael Kosasih alias Miki saat menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang. (foto-dedy/koransn)

Palembang, KoranSN

Michael Kosasih alias Miki (26), warga Jalan Srijaya Negara Bukit Lama Kecamatan IB I Palembang yang merupakan terdakwa pembawa 20 Kg sabu dan 18.800 butir ekstasi, Rabu (12/2/2020) divonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang dengan pidana hukuman mati.

Usai mendengar putusan mati yang dijatuhkan oleh Hakim, terdakwa Michael Kosasih alias Miki terlihat menangis terisak-isak. Bukan hanya itu, ibu dari terdakwa yang menyaksikan persidangan dari kursi belakang ruang sidang juga shok dan menangis ketika Hakim menjatuhkan vonis mati.

Ketua Majelis Hakim, Erma Suharti SH MH didampingi Hakim Anggota Abu Hanifah SH MH dan Subur Susatyo SH MH saat membacakan putusan atau vonis untuk terdakwa Michael Kosasih alias Miki di persidangan mengatakan, berdasarkan fakta persidangan dan keterangan para saksi-saksi serta barang bukti, terungkap jika perbuatan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan melawan hukum dengan sengaja membawa dan menjadi perantara dalam peredaran Narkotika golongan satu, yakni 20 Kg sabu dan 18.800 butir ekstasi.

Baca Juga :   Nyawa Rahmad Dihabisi dengan 19 Kali Tusukan di 29 Ilir

“Oleh karena itu, kami Majelis Hakim dengan ini mengadili dan menyatakan terdakwa Michael Kosasih alias Miki terbukti bersalah melakukan tindak pidana melawan hukum menjadi perantara menjual belikan Narkoba, dan menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana mati,” tegas Ketua Majelis Hakim.

Diungkapkan Hakim, putusan tersebut dijatuhkan kepada terdakwa lantaran dalam perkara ini perbuatan terdakwa telah melanggar Pasal 114 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Adapun hal yang memberatkan untuk terdakwa, yakni terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas Narkoba, dan keterangan terdakwa dalam persidangan berbelit-belit,” ujarnya.

Masih dikatakan Hakim, pada persidangan terungkap dalam surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), jika terdakwa Michael Kosasih alias Miki sebelumnya tertangkap oleh petugas BNNP Sumsel pada Senin 26 Agustus 2019 di kawasan simpang Bandara Palembang. Dalam penangkapan tersebut, diamankan barang bukti 20 Kg sabu dan 18.800 butir ekstasi di dua koper yang berada di mobil jenis minibus yang digunakan oleh terdakwa.

Baca Juga :   HD Dapat Gelar Pangeran Manggala Agung Jagabaya

“Dalam persidangan sebelumnya Jaksa Penuntut Umum juga telah menutut terdakwa dengan hukuman mati. Dimana tuntutan Jaksa Penuntut Umum ini sama dengan putusan atau vonis yang kami jatuhkan kepada terdakwa,” tandasnya.

Setelah membacakan vonis untuk terdakwa, Ketua Majelis Hakim Erma Suharti SH MH meminta agar terdakwa berkonsultasi dengan kuasa hukum, apakah melakukan langkah hukum terkait vonis tersebut atau terdakwa menerimanya.

Di persidangan, Desmond Simanjuntak selaku kuasa hukum terdakwa Michael Kosasih alias Miki menyatakan, jika terdakwa melakukan banding.

“Atas vonis tersebut kami mengajukan banding Yang Mulia Majelis Hakim,” ujarnya.

Usai mendengar jawaban dari kuasa hukum terdakwa, selanjutnya Ketua Majelis Hakim menutup persidangan.

“Persidangan perkara ini telah selesai, dengan ini sidang kami tutup,” tegas Ketua Majelis Hakim sembari mengetuk palu menutup persidangan. (ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Razia Premanisme, 46 Orang Diamankan Polda Sumsel

Palembang, KoranSN Sebanyak 46 orang yang terdiri dari juru parkir liar (Jukir), anak jalanan, pengamen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.