Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Politik dan Pemerintahan / DKSS Beri Penghargaan Dua Daerah Peduli Seni

DKSS Beri Penghargaan Dua Daerah Peduli Seni

Wagub Mawardi Yahya menyerahkan penghargaan kepada Walikota Prabumulih Ridho Yahya. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) memberikan sejumlah penghargaan terhadap pelaku seni dan dua daerah di Sumsel dalam acara Refleksi Seni 2019, Anugrah Batang Hari Sembilan di ballroom Hotel Swarna Dwipa, Senin (9/12/2019) malam.

Dalam kesempatan itu, Ketua DKSS Syahril Erwin mengatakan, anugrah seni diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota di Sumsel dan juga para pelaku seni dengan harapan kedepan dapat lebih memajukan kesenian yang ada di Sumsel.

“Meski DKSS dapat anggaran sedikit, namun kami tetap bersyukur telah mendapatkan anggaran dari APBD dan berharap agar tidak ditinggalkan dalam hal anggaran. Kami yakin pak Wagub dan pemerintah memikirkan kesenian,” tandasnya.

Baca Juga :   Politik Uang tak Bisa Dihindari

Sementara itu, Sekretaris DKSS Surono, mengungkapkan ada satu kabupaten dan satu kta di Sumsel, yakni Kabupaten Banyuasin dan Kota Prabumulih yang mendapatkan anugrah atau penghargaan dari DKSS.

“Prabumulih meraih Kusala Batanghari Sembilan 2019 atas kepedulian Walikotanya seperti telah menerbitkan Perda Kota Prabumulih no 5 tahun 2015 tentang budaya tradisional kota tersebut, berdirinya tempat kesenian, mendirikan gedung tempat latihan seniman, memberikan umroh bagi seniman setiap tahun, dan kendaraan bagi para seniman,” jelas dia.

“Kemudian untuk Kabupaten Banyuasin, mendapatkan Anugerah Kusula Batanghari Sembilan 2019, atas pengembangan sastra tutur dan tari tradisional sebagai warisan budaya masyarakat asli Banyuasin, dan juga pengembangan kesenian pendatang di Kabupaten tersebut,” tambahnya.

Baca Juga :   Ratusan Kader Antarkan Dodi-Giri Daftar ke KPU Sumsel

Selain penerima Anugrah Kusula Batanghari Sembilan 2019, DKSS juga memberikan Anugrah Seni kepada seniman yakni dalam kategori karya, A. Hernawan seni rupa, Latifah Amaliyah seni tari, Imron Supriadi seni sastra, Febri Irwansyah seni teater, Jimmie Dalvian seni musik, Yan Romain Hamid seni audio visual, dan kategori non karya yakni Kgs. Wirawan pelestari wayang kulit Palembang serta Alm. Dahyat Fahlevi (Dadan) atas dedikasinya terhadap seni. (awj)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Tuan Rumah Pertikara 2022 Jadi Prioritas

Palembang, KoranSN Mewakili Gubernur Sumsel H Herman Deru, Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya selaku …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.