DLHP Muratara Gunakan Alat Berat untuk Bersihkan TPS

Tampak alat berat sedang membersihkan tumpukan sampah di TPS Rawas Ulu.(foto-sunardi/koransn)

Muratara, KoranSN

Pemerintah Kabupaten (Muratara) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) membersihkan tumpukan sampah menggunakan alat berat, Rabu (25/3/2020).

Hal ini dilakukan karena adanya keluhan dari warga, terkait sampah yang menumpuk dan bau di tempat pembuangan sementara (TPS) di Kecamatan Rawas Ulu.

“Hari ini kita telah melakukan pembersihan tumpukan sampah di TPS Kecamatan Rawas Ulu dengan mengunakan alat berat. sampah-sampah yang ada tersebut kita rapikan agar masuk ke lokasi pembuangan sementara untuk sementara waktu tanpa mengotori jalan-jalan yang ada disana,” kata Kepala DLHP Kabupaten Muratara, Zulkifli.

Ia mengaku, sampai saat ini Pemda belum menemukan kesepakatan terkait Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Desa Lubuk Rumbai Baru, Kecamatan Rupit hingga sekarang masih dilakukan pemortalan oleh warga setempat karena insiden musim kebakaran beberapa bulan lalu.

Baca Juga :   Pedagang Kue Lebaran Mulai Membludak

“Sebenarnya untuk TPS yang ada di Kecamatan Rawas Ulu ini sifatnya untuk pembuangan sementara, jika permasalahan TPA di Desa Lubuk Rumbai Baru itu selesai maka kami akan melakukan pemindahan kesana,” terangnya.

Zulkifli menuturkan, sejauh ini pihaknya terus berupaya agar permasalahan TPA di Desa Lubuk Rumbai Baru tersebut cepat terselesaikan. Dirinya juga telah mengusulkan untuk dilakukan pemagaran setinggi dua meter agar tidak mencemari lingkungan disana.

“Beberapa hari lalu sampah sampah yang ada tidak bisa diangkut selama enam hari karna kondisi tempat pembuangan yang tidak bisa dilalui, makanya hari ini kita gunakan alat berat untuk membersihkannya,” tuturnya.

Baca Juga :   Cegah Kaki Gajah, Dinkes PALI Bagikan Obat Filariasis

Kadis DLHP menghimbau mulai saat ini, masyarakat yang ingin membuang sampah agar dapat dilakukan sebelum jam 6-7 pagi, karena sekitar pukul itu petugasnya akan melakukan pengambilan sampah di masyarakat.

“Kepada masyarakat mohon kerjasamanya bila nanti sudah lewat dari jam 6 atau jam 7 maka sampah sampah tersebut tidak bisa kita ambil, mungkin sorenya akan dilakukan pengambilan lagi oleh petugasnya untuk lokasi ditempat-tempat tertentu,” pungkasnya. (snd)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Desa Kerung dan Muara Cawang Kecamatan Lahat Selatan Disemprot Disinfektan

PETUGAS Kecamatan Lahat Selatan bersama unsur Tripika, Senin pagi (6/4/2020) melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.