Home / Gema Sriwijaya / DLHP Sosialisasi Pendaftaran Tanah

DLHP Sosialisasi Pendaftaran Tanah

Tampak suasana sosialisasi pendaftaran tanah. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Muratara menggelar sosialisasi pendaftaran tanah.

Acara berlangsung di ruang rapat kantor DLHP Muratara, dihadiri oleh Kadis DLHP Muratara H.Alfirmansyah, Kepala Kantor perwakilan BPN Muratara Heripurwanto, Tapem Setda Muratara, serta sejumlah Kepala Desa dan Sekretaris Desa yang ada di Kabupaten Muratara, Selasa (7/8/2018).

Kepala Dinas (Kadis) DLHP Muratara Alfirmansyah mengatakan, betapa pentingnya untuk mendaftar tanah dan memiliki sertifikatnya, karna secara yuridis tanah tersebut sudah ada kekuatan hukumnya. Sedangkan tanah yang sudah digarap tetapi tidak mempunyai sertifikatnya secara de facto memang benar hak milik pribadi tapi kalau secara administrasi belum diakui negara.

“Kalau tanah kita sudah didaftarkan di Badan Pertanahan Nasional (BPN), kita punya hak atas tanah itu sebagai kepastian hukum dari negara. Sedangkan SKT itu sebagai dasarnya saja, tapi dalam perkara hukum yang diakui itu adalah sertifikatnya,” jelas Alfirmansyah.

Baca Juga :   Muratara Siapkan Perda Larangan Pesta Malam

Ia mengungkapkan, tujuan sosialisasi ini adalah agar masyarakat pemilik lahan dapat membuat sertifikat tanahnya yang diterbitkan oleh pihak BPN.

“Tugas kami adalah menginfalisir persoalan tanah, kalau masalah keputusannya ke pihak Tapem,” katanya.

Ia menjelaskan, langkah awal pembuatan sertifikat adalah pendaftran tanah sesuai dengan bukti kepemilikan yang dimiliki, misalnya SKT dan bukti lainnya.

“Mudah mudahan setelah sosialisasi ini akan lebih sedikit masyarakat yang bersengketa lahan, sebab yang ribut itu anak cucu kita karna lama kelamaan tanah ini berharga. Sedangkan sertifikat tanah adalah kepastian hukum dan tertib administrasi atas tanah yang dimiliki masyarakat,” harapnya.

Baca Juga :   Dewan PALI Desak kepolisian Ungkap Kasus Perampokan di PALI

Sementara Kepala Kantor Perwakilan BPN Muratara Heri Purwanto mengatakan pentingnya mendaftarkan tanah supaya adanya tertib administrasi pertanahan, dengan tanahnya tertib, didaftar, bersertifikat sehingga akan adanya jaminan kepastian hukum terhadap bidang tanah itu.

“Dengan adanya kepastian hukum itu, kita tahu siapa pemiliknya, siapa subjeknya, jaminan batasnya, posisinya dimana kemudian letaknya. Selain itu sertifikat yang didaftarkan juga akan memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat dapat menjaminkan tanah tersebut ke Perbankan,” terangnya.

Ia menjelaskan, di Kabupaten Muratara sudah ada perwakilan BPN, kantornya sudah ada di Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit.

“Bagi masyarakat yang ingin membuat sertifikat tanah atau yang berhubungan dengan tanah, kami siap melayaninya dan tidak perlu ke Musi Rawas lagi,” pungkasnya. (snd)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kasus Kebakaran Lahan di Muba Terus Diusut

Palembang, KoranSN Pihak kepolisian saat ini masih terus mengusut kasus kebakaran lahan yang terjadi di …