Dokter Enggan ke Puskesmas Pelosok

Ilustrasi. (foto-net)
Ilustrasi. (foto-net)

Lahat, KoranSN

Tidak bisa dipungkiri, dalam memenuhi kebutuhan tenaga medis di Lahat belum begitu dirasakan maksimal. Sebab enam puskesmas saat ini sama sekali tanpa dokter.

Keenam puskesmas tersebut yakni, Puskesmas Palembaja, Puskesmas Wanaraya, Puskesmas Tanjung Aur, Puskesmas GGB, Puskesmas Nanjungan serta Puskesmas Trans Senabing. Hal ini membuktikan jika dokter enggan ke puskesmas yang lokasinya berada di pelosok.

“Memang saat ini belum ada solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis, terutama sekali dokter masih kurang dan enggan ke sana,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM, Selasa (25/10/2016).

H Rasyidi mengungkapkan, alasan jarak tempuh menuju puskesmas tersebut menjadi alasan. Oleh karena itu, untuk memenuhinya tersebut jajaran Dinkes Lahat menempatkan bidan desa dalam memberikan pelayanan kesehatan secara prima kepada masyarakat.

Baca Juga :   Jelang Arus Mudik Jalan di Lahat Mulus

“Makanya, dokter dimaksud dialokasikan ke tempat lain yang memang sesuai kebutuhan, idealnya satu puskesmas dua dokter. Kedepan minimal enam dokter dibutuhkan,” jelasnya.

Ia menuturkan, dalam memenuhi kebutuhan tenaga medis dokter tersebut maka tahun depan pihaknya akan mengupayakan meminta tambahan dokter kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Mengantisipasinya belum ada, pelayanan tenaga medis yang ada seperti bidan. Kita usahakan tahun depan ada, karena sejauh ini tercatat baru ada 39 dokter dan 169 bidan,” tukas H Rasyidi.

Baca Juga :   Nasrun Aswari: Lindungi Anak Terlantar

Sementara itu, salah satu masyarakat yang meminta namanya tidak disebutkan menyayangkan adanya kekurangan tenaga medis dokter di puskesmas, karena saat ini di puskesmas hanya ada bidan atau perawat saja.

“Kami menginginkan dokter. Sebab, dengan tidak adanya dokter, kami sangat sayangkan kondisi seperti ini,” pungkasnya. (rob)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

Cik Ujang Sambangi Desa Kencana Sari

Lahat, KoranSN Bupati Lahat Cik Ujang.SH beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka evaluasi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.