DPK OCBC Syariah Capai Rp 1,51 Triliun

OCBC Syariah

Palembang, SN

Unit Usaha Syariah PT Bank OCBC NISP Tbk sampai Maret 2015 berhasil menghimpun Dana Pihak ketiga (DPK) Rp 1,51 triliun atau tumbuh 57 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan realisasi DPK unit syariah OCBC NISP tersebut lebih besar dari total DPK yang dihimpun industri perbankan syariah yang tumbuh 18 %, menjadi Rp 213 triliun per Maret 2015 dari periode yang sama tahun lalu. Hal tersebut dikatakan Head of Syariah Business Unit OCBC NISP, Koko Rachmadi, kemarin.

Dikatakannya, lonjakan pertumbuhan DPK tersebut dikarenakan size unit syariah OCBC NISP yang belum terlalu besar. Apalagi, market share unit syariah OCBC NISP saat ini baru sekitar 1%. Capaiannya tersebut termasuk tinggi disebabkan faktor size unit syariah yang masih kecil. Selain itu, pertumbuhan DPK itu juga didorong dari dibukanya kantor cabang di beberapa kota besar.

Baca Juga :   Tahun Baru, Wyndham Hotel Hadirkan Marcell

Koko mengungkapkan jumlah kantor cabang Unit Syariah OCBC perseroan baru sebanyak 8 kantor cabang termasuk kantor cabang di Palembang yang awal tahun ini sudah diluncurkan. Direncanakan akan ditambah dua kantor cabang di Batam dan Pontianak tahun ini.

Dalam menghimpun DPK, lanjutnya, unit OCBC Syariah fokus menyasar masyarakat berpenghasilan menengah tinggi atau orang kaya baru. Pasalnya, kapasitas dan infrastruktur unit syariah OCBC NISP baru melayani nasabah-nasabah di kota-kota besar.

Meski begitu menurutnya, peluang meningkatkan DPK di unit syariah OCBC NISP masih sangat terbuka. Karena itu, pihaknya menyiapkan beberapa strategi untuk menggenjot target pertumbuhan DPK.

Baca Juga :   Tabungan Tasbih BSB Turun

Ditambahkan Kokom strategi yang perlu dilakukan antara lain mendorong edukasi perbankan syariah terhadap masyarakat. Selama ini rendahnya pemahaman perbankan syariah di masyarakat menjadi hambatan dalam perkembangan perbankan syariah.

Selain itu, dia juga berharap pemerintah dapat menunjukkan keberpihakannya kepada industri perbankan syariah, terutama dari sisi kebijakan. (yun)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Sarjana #Cari_Aman Meraih Impian Bersama Astra Motor Sumsel

Palembang, KoranSN Meski belum berakhir masa pandemi Covid-19, tidak menyurutkan langkah Astra Motor Sumsel untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.