Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / DPK3 Reklamasi TPA di Bibir Jalinsum

DPK3 Reklamasi TPA di Bibir Jalinsum

Kawasan TPA yang akan direklamasi. (foto/Fahlevi)
Kawasan TPA yang akan direklamasi. (foto/Fahlevi)

Empat Lawang, KoranSN

Proses reklamasi Tempat Pembungan Akhir (TPA) sampah di bibir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Talang Gunung Kelurahan Jayaloka Kecamatan Tebing Tinggi sudah mulai dilakukan oleh Dinas Pasar, Kebersihan dan Keindahan kota (DPK3) Empat Lawang.

Namun, dalam pelaksanaan reklamasi itu tidak semudah yang diinginkan. Pasalnya, DPK3 harus mengangkut tanah sebanyak-banyaknya guna menimbun habis TPA sampah seluas 2 hektar tersebut.

Pantauan SN, Kamis (7/4/2016), TPA sudah terisi tumpukan tanah yang belum diratakan. “Belum kami ratakan atau timbun, sebab tanahnya masih kurang, jadi kami kumpulkan dulu sampai benar-benar cukup tanahnya,” ujar Kepala DPK3 Empat Lawang, Zainul Arifin.

Baca Juga :   Guru Berperan Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Zainul Menerangkan, untuk mengubur habis atau yang dikenal dengan Reklamasi TPA Talang Gunung ini, dibutuhkan sedikitnya 150 kubik tanah. Sedangkan saat ini pihaknya baru mengumpulkan tanah sebanyak 60 kubik.

“Pengambilan tanah itu pun tak sembarangan dilakukan pihak DPK3. Sebab tidak semua masyarakat yang bersedia tahanya dikeruk untuk menimbun habis TPA tersebut,” kata dia.

Zainul mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di TPA Talang Gunung. Karena TPA tersebut tidak lagi difungsikan, dan bakal dijadikan lahan bersih hijau.

Baca Juga :   Walikota Lubuklinggau: Jangan Molor, Harus Ontime

“Kita sudah ada TPA yang baru di jalan poros, Buanglah sampah pada tempatnya, nanti akan ada petugas yang mengangkutnya,” imbuhnya

Terpisah, man (39), warga Kecamatan Saling, mengaku senang di reklamasinya TPA Talang Gunung. Ia berharap tidak ada lagi TPA sampah di bibir jalan tersebut yang menimbulkan bau yang tak sedap.

“Alhamdulillah kalau demikian, kami yg sering melintas dikawasan TPA tersebut saat hendak kepasar di Tebing tinggi, berharap agar secepatnya ditimbun supaya baunya tidak mengganggu pengendara yang lewat  di tempat itu,” harapnya. (foy)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Sidak, Sekda Lahat Januarsyah Temukan Banyak ASN Bolos dan Ruangan Kantor Terkunci

Lahat, KoranSN Tingkat disiplin ASN di Kabupaten Lahat masih jauh dari kata sempurna. Sebab masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.