Home / Advetorial / DPRD Muba Gelar Rapat Audiensi Masyarakat Terkena Limbah dengan PT Medco

DPRD Muba Gelar Rapat Audiensi Masyarakat Terkena Limbah dengan PT Medco

Ketua DPRD Muba Abusari Burhan, SH.MSi.(foto-sumantri/koransn)

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar rapat suspensi, Rabu (18/7/2019), tentang permohonan penyelesaian atas sawah-sawah yang terkena limbah minyak akibat kebocoran pipa PT Medco Energy yang berada di wilayah Desa Rantau Keroya Persawahan Lebung Lidi dan tambang ayam, sehingga masyarakat hingga kini tidak bisa bercocok tanam di areal persawahan tersebut.

Rapat ini merupakan tindak lanjut hasil Audiensi Ketua DPRD pada tanggal 27 Mei 2019. Rapat dipimpin Abusari SH MSi selaku Ketua DPRD Muba dihadiri Perwakilan Polres Muba, Perwakilan Kodim Muba, Dinas Lingkungan Hidup, PT Medco Energy, Camat Lais, Kuasa masyarakat terkena dampak Achmad Rivai (Kuyung Kritis), Kepala Desa Rantau Keroya, Perwakilan masyarakat Desa Rantau Keroya, Perwakilan Desa Petaling dan Perwakilan Desa Danau Cala d ruang Rapat Badan Musyawarah DPRD Muba.

Baca Juga :   HUT 44 PTSB, Semakin Peduli Lingkungan

Berdasarkan rapat sebelumnya Bahwa pihak DLH, PT Medco Energy dan 3 (tiga) desa yang terkena dampak sudah dilaksanakan dengan Berita Acara yang sudah disepakati bersama dengan luas lahan 16,23 ha dan 12 Kepala Keluarga yang meliputi Desa Rantau Keroya, Desa Petaling dan Desa Danau Cala yang terkena dampak kebocoran limbah PT Medco Energy.

Dari hasil ke Kementerian Lingkungan Hidup Bahwa PT Medco Energy diwajibkan melakukan Penanggulangan & Pembersihan Limbah Minyak Kebocoran Pipa PT Medco Energy yang ditargetkan selesai pada tanggal 31 agustus 2019 dan wajib dilakukan pengawasan dan Pemantauan oleh Pemerintah Kabupaten Muba.

PT Medco Energy melakukan Pemulihan Lingkungan hingga Lingkungan Pulih Kembali dan membuat Proposal ke Kementerian Lingkungan Hidup yang akan diberikan arahan dan persetujuan dari Kementerian terhadap langkah-langkah yang akan diambil.

Baca Juga :   Kota Lahat Kembali Sabet Penghargaan Adipura

Masyarakat telah menyetujui kesepatan yang telah dibuat yaitu Penanggulangan dan Pembersihan terhadap limbah minyak dengan luas lahan 16,25 ha dan 12 Kepala Keluarga yang meliputi 3 (tiga) Desa yaity Desa Rantau Rantau Keroya, Desa Petaling dan Desa Danau Cala.

Selama PT Medco Energy melakukan Penanggulangan dan Pembersihan limbah minyak dan masyarakat tidak bisa melakukan cocok tanam, maka PT. Medco Energy memberikan kompensasi pada 3 (tiga) desa yang terkena dampak minyak.

Rapat diskors, diberikan waktu 1 minggu untuk melakukan musyawarah antara PT Medco Energy dan masyarakat tentang besaran kompensasi terhadap 9 Kepala Keluarga (KK) yang belum menerima kompensasi, sedangkan 3 Kepala Keluarga sudah menerima. Namun ada juga 9 warga yang terkena dampak, menolak sistem tali asih yang ditawarkan perusahaan. (adv/tri)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gerak Cepat Dilakukan Bupati Askolani Untuk Bangun dan Melayani Masyarakat Banyuasin

GERAK cepat dilakukan Bupati H Askolani dalam membangun Kabupaten Banyuasin dan melayani masyarakat. Hal ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.