DPRD OI Akan Rombak AKD

FOTO BERSAMA – Anggota DPRD OI saat foto bersama usai mengikuti kegiatan Bimtek DPRD OI. (foto-herman/koransn.com)

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) akan merombak Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dengan menggelar rapat paripurna pemilihan pengurus Badan Kehormatan Dewan (BKD) dan Badan Legislatif (Baleg), Jumat lalu (19/5/2017).

Wakil Ketua I Ahmad Syafei menjelaskan BKD DPRD OI merupakan Alat Kelengkan Dewan yang masa tugasnya ditetapkan paling lama 2,5 tahun dan dapat dipilih kembali dalam rapat paripurna khusus yang dibentuk oleh dewan.

“Badan ini dapat diasumsikan sebagai ‘penjaga’ moral dan etika seluruh pimpinan dan anggota dewan,” ujarnya.
Dikatakannya, sebagai badan penjaga marwah, badan ini memiliki kewenangan dan peran untuk menyelenggarakan berbagai proses pengamatan, evaluasi disiplin, hingga melakukan berbagai penyelidikan, verifikasi, klarifikasi dan pengambilan keputusan aas berbagai pengaduan yang berkaitan dengan pimpinan atau anggota dewan maupun berbagai pengaduan dari masyarakat atau pemilih.

Baca Juga :   Diduga Tak Miliki Izin, BPOM Stop Produksi Air Minum PT SSS

Selain itu, lanjut Ahmad, badan ini juga memiliki kewenangan untuk mengajukan usulan pemberhentian pimpinan dan anggota dewan kepada rapat paripurna.

SUASANA RAPAT – Tampak suasana rapat Komisi DPRD OI.

“Mengacu pada peraturam tata tertib DPRD OI, jumlah anggota BK terdiri dari ketua dan seorang wakil ketua yang dipilih oleh anggota badan ini sendiri,” ujarnya.

Ditambahkannya, selain pemilihan pengurus di BKD juga diadakan pemilihan ketua Baleg DPRD OI. Untuk komposisi ketua dan sekretaris, diberikan kewenangan para anggota untuk memilihnya secara demokrasi.

“Nantinya ketika ketua Baleg sudah selesai, maka diparipurnakan atau kita berikan dimasing-masing fraksi untuk memilih siapa ketua dan sekretaris,” jelasnya.

Baca Juga :   Spanduk 2019#Tetap Jokowi Muncul di Palembang

Masih kata Ahmad, dalam rapat pimpinan itu, masing-masing pimpinan fraksi dan pimpinan dewan menyepakati komposisi untuk ketua Baleg serta BK dipegang oleh dewan dari partai yang terpilih.

“Setelah adanya komposisi ketu BK dan Baleg yang sudah disepakati para anggota masing-masing partai dilanjutkan ke sidang paripurna untuk pengesahan” tegas politisi Partai Nasdem ini. (man)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati OKI, Mahasiswa dan Petani Cari Solusi Konflik Lahan & Bansos Covid-19

Kayuagung, KoranSN Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE menggelar dialog dengan perwakilan mahasiswa …