Rabu , September 26 2018
Home / Gema Sriwijaya / DPU-PR Muba Bentuk Aplikasi Smart System

DPU-PR Muba Bentuk Aplikasi Smart System

Kasi Perencanaan dan Penyediaan Lampu Jalan Aditia Pancawijaya Thantowi beserta tim saat mengecek aplikasi smart system penerangan lampu jalan. (foto-sumantri/koransn.com)

Sekayu, KoranSN

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) melakukan terobosan untuk mengantisipasi serta mendeteksi pencurian listrik khususnya jaringan penerangan lampu jalan membuat aplikasi smart system penerangan jalan umum.

Kepala Dinas DPU PR Muba melalui Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan dan Penyediaan Penerangan Jalan Umum Aditia Pancawijaya Thantowi mengatakan, smart system ini mempunyai 3 manfaat, yakni manfaat internal yakni manfaat yang berimplikasi langsung pada DPU PR khususnya bidang jasa kontruksi, penerangan lampu jalan (JPU), untuk mempermudah petugas lampu jalan dalam mengontrol dan monitoring pemeliharaan penerangan lampu jalan serta bisa juga untuk memdeteksi aksi pencurian listrik di penerangan lampu jalan.

Baca Juga :   Biasa Makan Cepat, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

“Kemudian manfaat eksternal, yaitu dapat dirasakan langsung oleh Pemkab Muba karena sistem ini merupakan solusi yang paling baik untuk konservasi energi di penerangan lampu jalan. Sistem ini dapat disetting untuk meresepkan lampu jalan pada pukul 23.00 Wib hingga pukul 05.00 Wib otomatis dapat menghemat energi di penerangan lampu jalan,” ungkap Aditia, kemarin.

Ia menambahkan, manfaat yang langsung dirasakan oleh masyarakat, yakni dengan adanya aplikasi ini masyarakat tidak perlu lagi melaporkan lampu jalan yang mati ke kantor atau melaporkan melalui call center, sebab sudah bisa diketahui kerusakan lampu jalan melalui aplikasi smart system oleh petugas DPU PR Muba.

Baca Juga :   HDA Pimpin DPD Golkar Empat Lawang

“Mudah-mudahan program ini berjalan lancar sesuai dengan tujuannya serta mendapatkan dukungan dari masyarakat,” harap Aditia. (tri)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Atasi Macet Saat Puncak HUT Muba, Dishub Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas

Sekayu, KoranSN Pemkab Muba melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muba menyiapkan kantong parkir bagi tamu ...

error: Content is protected !!