Home / Advetorial / Drainase Prioritas Pembangunan Desa Sugih Waras Antisipasi Banjir

Drainase Prioritas Pembangunan Desa Sugih Waras Antisipasi Banjir

Kepala Desa Sugih Waras Hendri dan istri. (foto-ist)

REALISASI kegiatan pembangunan yang terarah dan terencana, merupakan bagian dari proses agar pembangunan berjalan sesuai tahapan. sehingga hasilnya dapat memenuhi harapan warga masyarakat dan terhindar dari permasalahan.

`Untuk memenuhi harapan tersebut Aparatur Pemerintah Desa Sugih Waras Kecamatan Banding Agung OKU Selatan merealisasikan Anggaran Dana Desa (ADD), menjadi bagian dari prioritas pembangunan drainase guna mengantisipasi persoalan banjir.

Kepala Desa Sugih Waras Hendri mengatakan, pembangunan Desa Sugih Waras berjalan sesuai dengan tahapan, pada setiap tahun berjalan terhadap kegiatan pemberdayaan dan pembangunan kegiatan fisik.

”Desa Sugih Waras berada tepat di bibir Pantai Danau Ranau dan itu menjadikan kami berupaya untuk menjaga kenyamanan agar Danau Ranau sebagai destinasi tujuan wisata tidak tercemar,” kata Hendri, Minggu (6/10).

Baca Juga :   Lahat Bakal Miliki Sirkuit Setara Internasional

Sebagai bentuk kepedulian, ujar Hendri,pihaknya tidak ingin berpangku tangan dan harus berbuat, sehingga persoalan dapat teratasi.

“Permasalahan timbul saat turun hujan terjadi banjir, ada bagian permukiman warga tergenang air. Hal ini menjadi dilematis, kita akan bangun saluran drainase yang dialirkan langsung ke danau itu jelas menyalahi, sehingga tidak mungkin. Sedangkan membangun untuk drainase sepanjang bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) dan permanen anggaran terbatas,” katanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, sambung Hendri, pihaknya mengusulkan kepada pemerintah daerah OKU Selatan melalui PUPR OKU Selatan, untuk meninjau kelayakan peningkatan pembanguan drainase yang ada.

Baca Juga :   Summer Camp STIKes MP 2018 Turut Promosikan Pariwisata Sumsel

“Untuk realisasi DD kami membangun siring pasang yang saat ini mendesak, utamanya dari gang-gang warga yang sudah terencana,” terangnya.

Sementara terkait dengan realisasi kegiatan fisik Jalan Rabat, urai Hendri, pembangunan tengah berjalan secara berkesinambungan.

Kemudian untuk BUMDes Desa Sugih Waras, aset yang kini dimiliki berupa sarana bermain anak motor-motoran dan sejenisnya dikelola dengan manajemen profesional oleh pemuda dan karang taruna sebagai bentuk pemberdayaan.

Aset lainnya berupa pelaminan, sarana perlengkapan panggung meja kursi dan tarup, itupun sudah terpenuhi yang kepentingannnya untuk meringankan beban warga yang membutuhkan.

“Kemudian kegiatan ibu-ibu PKK Posyandu dan pendidikan PUAD desa Sugih Waras selama ini aktif dengan adanya pembinaan,” tambahnya. (dan/adv)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati Muba Lantik Herman Mayori Sebagai Kadis PU PR Muba

BUPATI Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex Noerdin melantik H Herman Mayori ST MT Sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.