Home / Pendidikan dan Teknologi / Dua Garis Biru Wajib Ditonton Remaja-Orang Tua

Dua Garis Biru Wajib Ditonton Remaja-Orang Tua

Poster “Dua Garis Biru”. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Film remaja berjudul Dua Garis Biru yang mengisahkan tentang pernikahan usia dini wajib ditonton oleh remaja bersama dengan orang tua.

“Film ini sangat menyentuh, nilai-nilai yang ditampilkan dalam film ini sangat dalam. Mengenai pendidikan, pengasuhan, komunikasi anak dan orang tua, pertemanan,” kata Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda, dan Olahraga Bappenas Woro Srihastuti Sulistyaningrum di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Dia menilai film ini merupakan upaya lain dalam menyampaikan informasi dan edukasi dalam bentuk yang tidak biasa, namun lebih mudah dipahami anak-anak muda.

Baca Juga :   Peneliti: Moratorium Pekerja Migran Hambat Kontribusi Remitansi

Woro mengungkapkan perkawinan usia anak di Indonesia sebesar 11,2 persen, atau satu dari 10 anak Indonesia sudah menikah di usia anak-anak.

Film yang mengisahkan tentang perkawinan usia muda ini dinilai tepat sebagai edukasi kepada remaja tentang kesehatan reproduksi, perencanaan kehidupan, dan berbagai masalah yang akan dihadapi bila mengalami pernikahan usia dini.

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Dwi Listyawardani menjelaskan bahwa menyampaikan sosialisasi mengenai kesehatan reproduksi, perencanaan kehidupan, dan nilai-nilai lain kepada remaja memang lebih tepat dengan menggunakan media film.

Baca Juga :   Pemkot Pagaralam Gabungkan SDN yang Miliki Sedikit Murid

“Penyajiannya memang harus seperti ini, dalam bentuk ceramah orang nggak akan dengar, tapi dengan film seperti ini bisa tersampaikan,” kata dia.

Namun menurut dia film tersebut juga bisa menjadi pembelajaran bagi orang tua dalam pola pengasuhan anak dan pentingnya menjaga komunikasi dengan anak agar tidak terjerumus pada perkawinan usia dini. (Antara/ags)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru Beri Motivasi Ribuan Mahasiswa IGM

Palembang, KoranSN Setelah sebelumnya memotivasi mahasiswa baru di Universitas Baturaja (Unbara), Sabtu (21/9/2019) pagi Gubernur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.