Home / Gema Sriwijaya / Dua Mantan Karyawan BRI Ditahan

Dua Mantan Karyawan BRI Ditahan


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Foto-Ilustrasi
Foto-Ilustrasi

Kayuagung, KoranSN
Dua mantan karyawan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kayuagung, Selasa (19/4/2016) ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kayuagung karena diduga melakukan korupsi dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) KUD Mekar Sari di Desa Mekar Wangi Kecamatan Mesuji Kabupaten OKI.

Kedua tersangka yang ditahan tersebut yakni; ‘NN’ dan ‘BB’, kini keduanya dititipkan di LP Kayuagung sembari menunggu persidangan.

Kepala Kejari Kayuagung Viva Hari Rustaman SH MH kemarin mengatakan, dugaan korupsi yang dilakukan para tersangka yakni dana KUR senilai Rp 10,5 miliar yang seharusnya disalurkan pada tahun 2009. Namun, salah satu tersangka yang diduga terlibat kini masih buron pihaknya.

Baca Juga :   Piala Adipura Ke-13 Diarak Kota Muara Enim

“Identitas mereka yang ditahan yakni; ‘NN’ dan ‘BB’, sedangkan yang buron bernama ‘ST’ selaku Ketua Panitia KUR Desa Mekar Wangi. Satu orang lagi masih kami kejar, karena telah tiga kali mangkir dari panggilan penyidik Kejari Kayuagung,” tegas  Kepala Kejari Kayuagung, kepada wartawan.

Terpisah, Kepala LP Kayuagung Mujiarto membenarkan pihaknya telah menerima titipan dua tahanan dugaan kasus korupsi dari Kejari Kayuagung.

Diberitakan sebelumnya, dugaan korupsi dana KUR BRI ini terungkap setelah pihak BRI Kayuagung selaku penyalur mengirimkan surat ke KUD Mekar Sari. Pada surat tersebut dinyatakan, KUD Mekar Sari belum juga melunasi pinjaman hingga batas akhir kredit sehingga pihak bank mengenakan penalty selama 2 tahun dan berkewajiban melunasi pinjaman dan membayar denda.

Baca Juga :   LSM Serampuh Harus Bisa Menyatukan & Membangun PALI

Padahal, berdasarkan keterangan dari sebagian peminjam yang taklain adalah anggota KUD Mekar Sari, mereka hanya meminjam uang senilai Rp 1,5 miliar untuk tiga kelompok anggota KUD pada tahun 2009 dan telah melunasinya pada tahun 2012 lalu.

Namun ternyata, masih ada hutang lain yang nilainya mencapai miliaran rupiah. (iso)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Peringatan Hari Kartini ke 140 di Muba Berlangsung Meriah

Sekayu, KoranSN Puncak Peringatan Hari Kartini ke-140 di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang diselenggarakan oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.