Edhy Prabowo: Negara Harus Bertanggung Jawab Terhadap Program BPJS

Ketua Fraksi Gerindra MPR RI, Edhy Prabowo memberikan bantuan di sela-sela  mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan kepada warga Kelurahan Lawang Kidul Kecamatan IT II. (foto/Anton Wijaya)
Ketua Fraksi Gerindra MPR RI, Edhy Prabowo memberikan bantuan di sela-sela mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan kepada warga Kelurahan Lawang Kidul Kecamatan IT II. (foto/Anton Wijaya)

Palembang, KoranSN

Rencana Presiden Joko Widodo agar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diberikan seluruhnya kepada pemerintah daerah, dimana pemerintah pusat hanya berwenang dalam hal manajemen pengawasannya saja, mendapat penolakan dari Ketua Komisi IV DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Edhy Prabowo.

Menurutnya, negara harus bertanggung jawab penuh terhadap program BPJS ini, apalagi sebelumnya negaralah yang mengingingkan program kesehatan ini terfokus di pusat.

“Saya pikir BPJS ini semangatnya nasional, secara terpusat, jadi tidak bisa diserahkan ke daerah. Dulu teriak-teriak untuk disatukan kemudian dipusatkan, sekarang mau dikembalikan lagi, tidak bisa, negara harus bertanggung jawab terhadap BPJS ini. Kita tidak bicara pemerintahan mana (usulkan BPJS ke pusat), karena ini konstitusi, jadi yang penting sekarang, siapa menjabat, itu yang bertanggung jawab,” beber Edhy dibincangi usai memberikan sosialisasi 4 pilar kebangsaan kepada warga di Kelurahan Lawang Kidul Kecamatan IT II, Sabtu (19/11/2016).

Menurutnya, beban daerah, seperti Sumsel, sudah berat apalagi saat ini Sumsel sedang kesulitan uang. Oleh karena itu, pemerintah pusat tidak bisa mengembalikan program BPJS ini ke daerah begitu saja.

Baca Juga :   Herman Deru Gelontorkan Dana Rp84,5 Miliar untuk 3.411 Desa/Kelurahan se-Sumsel

“Kalau memang ada masalah, kita buka sama-sama, dievaluasi, apakah benar, BPJS itu rusaknya hanya karena terlalu banyak pengunanya ketimbang premi yang masuk, kalau memang iya, negara harus turun tangan, kasih uang masuk ke situ. Tidak ada yang gratis, kesehatan itu wajib disiapkan oleh negara sama halnya dengan pendidikan,” pungkasnya.
Gerindra Beri Pelayanan Kesehatan Gratis

Sementara itu, selain sosialisasi 4 pilar oleh Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI, Edhy Prabowo, DPC Partai Gerindra Kota Palembang juga melakukan sejumlah kegiatan di Kelurahan Lawang Kidul Kecamatan IT II, berupa pelayanan kesehatan gratis, pemberian bantuan gerobak dan bantuan benih ikan kepada sejumlah pembudi daya.

Layanan kesehatan gratis oleh Partai Gerindra, meliputi pemeriksaan kesehatan berupa tensi, asam urat, kolestrol dan penyakit ringan, yang bisa ditanggulangi langsung.

Ketua DPC Partai Gerindra Palembang Sri Wahyuni mengatakan, layanan kesehatan gratis merupakan salahsatu fokus Partai Gerindra untuk diberikan ke masyarakat, dan sudah masuk dalam program Gerindra yakni Kesira atau Kesehatan Indonesia Raya.

Baca Juga :   Alex: Pelajar Harus Tahu Asian Games

“Kita berkeliling memberikan layanan kesehatan ini, sebelum di Kelurahan Lawang Kidul, kita sudah lakukan di Kecamatan Ilir Barat II, Seberang Ulu II dan Ilir Timur II ini, kedepan kita akan memberikan layanan kesehatan di Kecamatan Sako dan Seberang Ulu I,” kata Sri.

Selain layanan kesehatan keliling katanya, Gerindra juga memberikan pelayanan kesehatan gratis di kantor DPC Gerindra Palembang di Jalan POM IX, dan di kantor DPD Gerindra Sumsel di Jalan Veteran. “Silahkan datang langsung ke kantor kami untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis,” ujar Sri. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Feby Deru Pamerkan Koleksi Kriya Sriwijaya Kepada TP PKK se-Sumsel

Palembang, KoranSN Rapat konsuktasi (Rakon) PKK se-Sumsel yang berlangsung di Griya Agung, Jumat pagi (23/10/2020) …