Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Ekonomi / Erick Thohir Akan Periksa 142 Anak Usaha Pertamina

Erick Thohir Akan Periksa 142 Anak Usaha Pertamina

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Aula Cakti Budhi Bhakti, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengaku sedang memeriksa seluruh anak usaha PT Pertamina (Persero) yang jumlahnya mencapai 142 perusahaan.

Ditemui di Kantor Ditjen Pajak Kemenkeu, Jakarta, Jumat (13/12/2019) Erick mengaku heran perusahaan plat merah sektor migas itu memiliki anak usaha yang begitu banyak.

Dia sudah meminta jajaran direksi dan komisaris Pertamina untuk memetakan sektor usaha dari 142 anak perusahaan itu.

Baca Juga :   Jokowi Lepas 1,5 Juta Motor Yamaha

“Saya minta juga untuk komisaris utama dan direksi utama Pertamina untuk rapat Bulan Januari 2019. Saya minta ‘mapping’ (memetakan) 142 perusahaan ini usahanya apa?,” ujar Erick.

Dia juga akan memeriksa kondisi keuangan dari 142 anak perusahaan Pertamina itu.

Erick ingin memastikan ratusan anak perusahaan ini tidak disalahgunakan untuk kepentingan pribadi oknum di Pertamina.

“Terus gimana kesehatan perusahaannya? saya juga tidak mau nanti ternyata mohon maaf 142 perusahaan inijhanya oknum-oknum yang akhirnya gerogoti Pertamina. ini sudah saya minta laporan dari dirut dan komut,” ujar dia.

Baca Juga :   Bentuk Loyalitas Melalui Gathering Mekanik Outlet Enduro Wilayah

Sebelumnya, Erick menyatakan ingin “bersih-bersih” BUMN agar memiliki tata kelola yang baik dan mampu menerapkan efisiensi bisnis.

Selain anak usaha Pertamina, Erick sudah memiliki rencana untuk memeriksa bisnis-bisnis sampingan yang dimiliki oleh BUMN. Misalnya, mengenai BUMN yang banyak memiliki anak usaha di bidang perhotelan. Total hingga kini, ada 85 hotel yang dimiliki BUMN.

Ke depannya, bisnis-bisnis di luar bisnis inti perusahaan BUMN bakal dilebur sehingga perusahaan yang bersangkutan bisa kembali menjalankan bisnis sesuai dengan inti bisnis yang mereka miliki. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Volume Transaksi RFB Tembus 1,5 Juta Lot

Palembang, KoranSN Menutup tahun 2019, PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) mencatat pencapaian kinerja positif. Perusahaaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.