Erick Thohir Paparkan Lima Prioritas Strategis BUMN Periode 2020-2024

Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) saat menerima laporan Indonesia Millenial Report 2020 dalam gelaran Indonesia Millenial Summit 2020 di Jakarta. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Menteri BUMN, Erick Thohir memaparkan lima prioritas strategis Kementerian BUMN untuk periode 2020 sampai dengan 2024 di hadapan generasi millenial.

“Ada lima proritas yang akan kita lakukan dalam lima tahun ke depan. Apakah prioritas-prioritas ini hanya sampai periode lima tahun saja ataukah tergantung menteri BUMN periode berikutnya mau dilanjutkan,” ujar Erick Thohir saat menjadi narasumber diskusi panel dalam gelaran Indonesia Millenial Summit  2020 di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Erick mengatakan, prioritas pertama tersebut adalah bagaimana perusahaan-perusahaan BUMN ini menjadi seimbang atau balance antara pelaksanaan bisnis dengan tanggung jawab dampak sosial.

Dalam prioritas ini, Kementerian BUMN akan mengeluarkan mapping untuk menentukan BUMN yang akan sepenuhnya fokus kepada bisnis, kemudian BUMN yang akan difokuskan untuk seimbang dengan separuh ke bisnis dan sisanya berfokus juga pada dampak sosial, serta BUMN yang memiliki dampak sosialnya lebih banyak.

Baca Juga :   Gala Dinner Imlek di Daira Rp 200 Ribu

“Poin kedua yakni ketika kita bicara dengan model bisnis yang ada saat ini di mana terjadi era disrupsi dan perubahan kultur masyarakat, di poin kedua itu BUMN-BUMN harus berani melakukan perubahan daripada ekosistem, kolaborasi bisnis, dan juga kemitraannya,” katanya.

Erick beralasan, bahwa perubahan tersebut diperlukan karena BUMN tidak mungkin menjadi menara gading yang berjalan sendiri atau stand alone.

Menteri BUMN tersebut juga kemudian menyampaikan prioritas ketiga bahwa dirinya ingin BUMN menjadi pemain yang bisa membuat terobosan di era teknologi, mengingat saat ini merupakan era disrupsi dan teknologi.

Prioritas keempat, lanjut Erick adalah menegaskan kembali nilai tata kelola korporasi yang baik dan bersih di BUMN harus dimaksimalkan.

Baca Juga :   Andromax Prime Dibanderol Rp 349 Ribu

“Poin terakhir tentu prioritas lain bagaimana juga kalau kita melihat masyarakat atau people. Kita harus benar-benar meningkatkan atau meng-upgrade orang-orang yang bekerja di Kementerian BUMN atau perusahaan-perusahaan BUMN,” kata Erick Thohir.

Selain menjadi narasumber dalam diskusi panel, Erick juga berkesempatan membuka acara Indonesia Millenial Summit 2020 secara resmi

Dalam kesempatan ini, turut hadir sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Presiden Umumkan 9 Langkah Cegah Perlambatan Ekonomi

Jakarta, KoranSN Presiden Joko Widodo mengumumkan sembilan langkah yang akan diambil pemerintah pusat, dan daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.