Home / Gema Sriwijaya / FKDM Harus Mampu Mendeteksi Potensi Konflik

FKDM Harus Mampu Mendeteksi Potensi Konflik


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
suasana pengukuhan FKDM OI. (foto-herman/koransn.com)

Indralaya, KoranSN

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah sebuah forum yang berfungsi untuk mendeteksi, menjaring, menampung dan mengkoordinasikan dengan pemerintah hal yang bersipat potensi konflik.

Hal tersebut dikatakan Ketua FKDM Provinsi Sumsel, Ong Berlian, dalam pengukuhan pengurus FKDM Kabupaten Ogan Ilir oleh Bupati Ilyas Panji Alam di Pendopoan Tanjung Senai, Rabu (31/10/2018).

Dikatakan Ong, FKDM ini adalah matanya pemerintah, karena diharapkan jauh sebelum terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban yang mengancam, organisasi sosial ini harus tahu lebih dini.

Baca Juga :   HD Tidak Ingin Rakyat Sumsel Mengeluh Karena Jalan Rusak

“Jadi benar kalau forum ini diumpamakan mata dan telinganya pemerintah yang harus lebih dahulu mendeteksi semua ancaman keamanan,” ujarnya.

Selain gangguan keamanan, lanjut Ong, FKDM juga diharapkan mampu mendeteksi hal-hal yang bersifat bencana alam, ideologi yang mengarah ke radikal serta potensi konflik politik.

Sementara Bupati OI, Ilyas Panji alam setelah mengukuhkan FKDM mengatakan, FKDM harus peka terhadap kerawanan sosial, sehingga mereka dapat mendeteksi jauh-jauh hari karena yang diutamakan dalam forum ini adalah tindakan pencegahan.

Adapun pengurus FKDM Ogan Ilir yang dikukuhkan adalah Ketua Letkol Purnawirawan Sodiono, Sekretaris Abdullah Gatmir dan Anggota H. Najib Subkie, Rusdi Daduk, Ahmad Yani, Sudarta Salman, dan KH Muhlis Mansyur. (man)

Baca Juga :   3 Kecamatan di Lubuklinggau Sumbang Sampah Terbanyak
Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

HD Kukuhkan P2UKK/P2UKD Muaratara, Musirawas dan Lubuk Linggau

Muratara, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru beserta Ketua TP PKK Hj Febrita Lustia …