FM Pertamina Pendopo Pergoki Truk Muatan Minyak Ilegal

FM Pertamina Pendopo naik keatas bak mobil mengecek isi mobil tersebut. (foto/Anasrul)
FM Pertamina Pendopo naik keatas bak mobil mengecek isi mobil tersebut. (foto/Anasrul)

PALI, KoranSN

Field Manager (FM) Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field, Heri Aminanto tidak sengaja mendapati sebuah truk yang bermuatan minyak ilegal yang ditinggalkan pemiliknya akibat terjebak di jalan yang berlumpur.

Pada mulanya, mobil jenis truk dengan nomor polisi BG 8120 WU berwarna hijau tergelincir di jalan penghubung antara Desa Spantan menuju Desa Babat Kecamatan Penukal Kabupaten PALI. Tidak ada yang aneh dengan mobil yang tergelincir tersebut, akan tetapi tak satupun ada orang yang menunggu atau berusaha mengeluarkan mobil itu dari lokasi jalan tersebut.

Hal itulah mengundang kecurigaan petugas keamanan security Pertamina Pendopo yang sedang melakukan patroli rutin diwilayah tersebut. Setelah di cek dan melihat isi dalam mobil itu, ternyata bak mobil tersebut sudah dimodifikasi dan memuat beberapa kotak tangki berisi minyak mentah.

Heri Aminanto bersama keamanan Pertamina Pendopo melintas di lokasi mobil tergelincir itu, lalu pimpinan perusahaan Migas plat merah di Pendopo tersebut menaiki mobil untuk memastikan bahwa minyak mentah tersebut merupakan hasil illegal tapping.

Baca Juga :   1.000 Crosser Ramaikan Elektric One Day Pagaralam

“Secara kebetulan pak Heri Aminanto melintas di lokasi penemuan mobil mengangkut minyak mentah oleh security kita, dan beliau tidak sungkan naik ke atas bak mobil untuk mengecek kebenaran itu. Posisi kendaraan itu saat ditemukan sudah dalam posisi tergelincir dan ditinggal pemiliknya karena terjebak masuk ke parit jalan,” ungkap Nursiela, Legal and Relation Pertamina Pendopo SN, Rabu (30/11/2016).

Nursiela juga menjelaskan bahwa saat ini mobil tersebut sudah diamankan di Mapolsek Penukal Abab.

“Mobil tersebut sudah berada di kepolisian untuk diamankan. Saat ini kita bersama kepolisian menelusuri asal minyak mentah tersebut dan menyisir setiap land pipa yang ada disekitar wilayah penemuan kendaraan itu,” jelasnya.

Sementara itu, Jeffri salahsatu pegawai Pertamina mengatakan bahwa kejadian tersebut berlangsung pada Sabtu malam (26/11/2016), dan saat ini pihak Pertamina sedang berusaha mengungkap asal minyak mentah tersebut.

“Kami sedang lakukan penyisiran dan menguji di laboratorium sampel minyak mentah yang dibawa kendaraan itu, sebab di line ini bukan hanya milik Pertamina saja, melainkan ada milik perusahaan lain seperti Medco. Untuk mengusut pemilik kendaraan kita serahkan ke pihak yang berwajib,” tukasnya.

Baca Juga :   Program Prioritas Harus Terakomodir

Terpisah Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan SIK melalui Kapolsek Penukal Abab AKP Denny NS ketika dihubungi media ini membenarkan temuan security Pertamina dan saat ini kendaraan itu diamankannya.

“Pemilik kendaraan belum kita ketahui sebab plat nomor mobil itu palsu dan tidak terdaftar. Sementara minyak mentah itu juga belum ada yang mengklaim punya siapa, karena Pertamina dan Medco belum mengakui bahwa minyak tersebut berasal dari perusahaan itu. Walau demikian kami akan usut kasus ini dan akan bekerjasama dengan dua perusahaan Migas tersebut,” terangnya. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Nama Dinas KopUKMNakerTras Empat Lawang Dicatut

Empat Lawang, KoranSN Nama Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (KopUKMakerTras) Kabupaten Empat Lawang, …