Home / Gema Sriwijaya / Gandeng Karang Taruna Sukseskan Pembangunan Desa

Gandeng Karang Taruna Sukseskan Pembangunan Desa

Danramil Sungai Menang memberikan pengarahan kepada generasi muda untuk membantu menyukseskan TMMD . (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Wilayah terpencil dan terisolir menjadi prioritas sebagai lokasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Targetnya, kawasan tersebut menjadi berkembang dan maju sehingga mampu sejajar dengan lainnya.

Seperti di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang menjadi lokasi TMMD ke-101 tahun 2018. Kini pembangunan fisik jalan dan peningkatan mutu masjid serta 32 kegiatan nonfisik sedang dilaksanakan di desa tersebut.Berbagai stakeholder pemerintah dilibatkan dan punya peran masing masing untuk mencapai target pembangunan fisik dan nonfisik itu. Bahkan tenaga swadaya desa dari pemuda dan pemudi yang tergabung dalam karang taruna juga dibutuhkan untuk menyukseskan pembangunan desa.

Inilah yang dilakukan jajaran TNI dari Kodim 0402/OKI-OI dan Koramil 402-13/Sungai Menang. Senin (9/4/2018) siang, puluhan pemuda pemudi dari karang taruna desa dikumpulkan di Posko TMMD di Desa Sungai Ceper. Mereka digandeng untuk bisa berperan aktif dalam meningkatkan kegiatan yang ada di desa.

“Pemuda dan pemudi adalah aset, jadi harus dirangkul dan dijaga. Kami telah memberikan pencerahan agar selalu berperan aktif dalam membantu pelaksanaan kegiatan TMMD yang ada di Desa Sungai Ceper ini,”kata Danramil 402-13/Sungai Menang Kapten Chb Jauhari mewakili Dandim 0402/OKI-OI Letkol Inf Seprianizar SSos kemarin.

Pencerahan ini menjawab keluh kesah sejumlah pemuda pemudi desa yang diwakili pemuda bernama Hengki. Alasan mereka, saat pembukaan TMMD sepekan lalu, peranserta pemuda tidak kelihatan karena tidak ada yang mengajak atau mengingatkan mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kapten Chb Jauhari yang juga menjabat Komandan SSK cepat merespon. Ia menghimbau para remaja di karang taruna agar aktif dan ikut serta dalam kegiatan di desa tanpa harus ada panggilan dan ajakan. “Pemuda harus punya inovasi dan kreatif untuk membangun Desa Sungai Ceper ini agar lebih baik dari desa lain dalam hal yang positif,”kata Jauhari.

Danramil mengingatkan, karang taruna desa adalah calon penerus pemimpin di desanya sendiri dalam lingkup kecil. Adanya program nonfisik di TMMD diharapkan mampu membentuk mental dan spiritual generasi muda agar terhindar dari penyalahgunaan Narkoba dengan cara banyak melakukan kegiatan positif. (iso)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Si Jago Merah Hanguskan 6 Bedeng Milik Warga Dempo Reokan Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Warga Dusun Dempo Reokan Kelurahan Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara heboh saat si jago ...

error: Content is protected !!