Gantikan Beni, Beberapa Nama Mencuat Jabat Plt Bupati Muba

Kepala Biro (Kabiro) Otonomi Daerah (Otda) Provinsi Sumsel, Amsin.
Kepala Biro (Kabiro) Otonomi Daerah (Otda) Provinsi Sumsel, Amsin.

Palembang, Koransn

Menjelang cuti kampanye Pelaksana tugas (Plt) Bupati Muba, Beni Hernedi, beberapa nama PNS Pemerintah Provinsi (Pemprov) kini mencuat salah satunya, Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda), Amsin, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumsel, Richard Chahyadi dan beberapa nama lainnya.

Saat dikonfirmasi ketiga nama ini, Kepala Biro Otda Sumsel, Amsin membantah hal tersebut.

“Sejauh ini kami belum mengusulkan tiga nama tersebut kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri),” katanya saat ditemui di Pemprov Sumsel, Kamis (20/10/2016).

Dijelaskannya, sejauh ini pihaknya juga belum menerima ketiga nama tersebut dari Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. Jika pun Gubernur sudah menentukan tiga nama tersebut, menurutnya mungkin belum diserahkan kepada pihaknya. “Kami belum menerima tiga nama itu, kalau sudah tentunya akan langsung kami usulkan ke Kemendagri,” terangnya.

Baca Juga :   Siswa SMA Noman Mengukir Prestasi di Tingkat Provinsi Sumsel

Disinggung Peraturan Menteri (Permen) nomor 76 Tahun 2016 tentang cuti diluar tanggungan negara bagi gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota. Pada, pasal 6 ayat (2) kepada menteri untuk mendapatkan persetujuan paling lambat 7 hari kerja sebelum penetapan pasangan calon.

Dirinya mengakui hal tersebut. Namun, itu hanya permen jadi jika lambat 7 hari itu tidak dipermasalahkan, sedangkan jika lebih cepat 7 hari maka lebih baik. “Intinya ini akan diumumkan sebelum cuti 28 Oktober mendatang, ntah itu di Palembang atau di Muba,” terangnya.

Ditanya apakah nantinya akan ada keterlambatan melihat kesibukan dari Mendagri, dirinya menegaskan. Hal ini merupakan hal yang prioritas. “Jadi pastinya akan cepat ditandatangani oleh Mendagri. Mungkin menurut kami sekitar 3 hari,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten I bidang pemerintahan, Ikhwanuddin menambahkan, nantinya untuk pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) itu dilakukan oleh Pelaksan tugas (Plt) karena Beni tengah cuti. “Plt nya itu berhak menandatangani pengesahan APBD karena SK menteri,” terangnya.

Baca Juga :   Menulis Itu Membangun Peradaban

Sampai dengan 16 Januari mendatang, lanjut Ikhwanuddin, masa jabatan Beni sebagai wakil bupati itu telah habis, karena itu, akan ada Penjabat (Pj) Bupati Muba. “Nah untuk Pj ini sendiri akan ada pelantikan dan sesuai UU itu dilakukan di ibukota provinsi,” singkatnya. (wik)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : awik obsesi

Avatar

Lihat Juga

Herman Deru Hentikan Semua Aktivitas Tambang Ilegal

Muara Enim, KoranSN Dalam hitungan jam pasca insiden tewasnya 11 penambang batubara secara ilegal di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.