Home / Politik dan Pemerintahan / Gelontorkan 1 Miliar Dollar Atasi Karhutlah

Gelontorkan 1 Miliar Dollar Atasi Karhutlah

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat bersalaman dengan ketua rombongan tim world bank
Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat bersalaman dengan ketua rombongan tim world bank. FOT0-IST/HUMAS PEMPROV

Palembang, KoranSN

Untuk mengatasi pemasalahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) di Indonesia, World Bank akan menggelontorkan dana sebesar US 1 miliar dollar selama tiga tahun. Demikian diungkapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin usai bertemu dengan Ketua Rombongan World Bank, Mr Dinnesh Aryal di Griya Agung, Minggu Malam (10/4/2016).

Dikatakannya, bantuan ini sendiri bukan hanya untuk Sumsel melainkan juga diberikan kepada 6 provinsi di Indonesia. meliputi tiga provinsi di Kalimantan, tiga provinsi di Sumatera, dan tentunya juga ada di Papua.

Dirinya juga menjelaskannya, nantinya dana ini diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Indonesia meliputi manajemen pencegahan kebakaran dan sistem informasi. “Penggunaannya sendiri, nantinya tergantung oleh pemerintah yang meliputi dua program utama, Fire Prefention dan Managemen sebesar US 200 juta dollar dan sistem informasi US 200 juta dollar,” terangnya.

Baca Juga :   2017, Sirkuit MotoGP Bakal Digarap

Saat ini, menurut Alex, Provinsi Sumsel paling siap dalam upaya pencegahan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan. Salah satu contoh Desa Sepucuk di Kabupaten OKI, yang mempunyai lahan lebih dari 2000 hektar telah terbakar.

Saat ini, kondisi lahan tersebut telah di Restorasi, sehingga kawasan tersebut menjadi lokasi restorasi pertama, dan percontohan di Indonesia. Dengan ditanami sejumlah tanaman, salah satunya  jelutung. Hal tersebut menjadikan salah satu cerita sukses merestorasi gambut 5 tahun yang lalu, dan bisa menjadi contoh untuk dikembangkan wilayah yang lebih luas.

“Selain itu, kami juga telah membentuk sebanyak 118 desa peduli api di daerah yang merupakan kawasan hutan dan lahan terparah di Sumsel,” ujarnya.

Baca Juga :   Pantau Langsung Jalur Tol Palembang-Lampung, Komite BPH Ahmad Rizal Pastikan Ketersediaan BBM Aman

Dirinya juga menegaskan, dalam mengantisipasi karhutlah, pihaknya juga akan menindak tegas kepada perusahaan yang terbukti lalai menjaga kawasan mereka. “Jika masih terbakar kami akan cabut izin . Karena ini bukti jika mereka tidak menjaga kawasan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Rombongan World Bank, Mr Dinnesh Aryal di Griya Agung juga menambahkan, bantuan ini sendiri diberikan kepada Pemerintah Indonesia dalam rangka mencegah terjadinya karhutlah.

“Pemerintah Indonesia meminta dukungan kami untuk mendukung program di Indonesia seperti¬† untuk menanggulangi titik hotspot dan bencana kabut asap. Karena itu, kami akan bekerja sama dan memberikan bantuan sebesar 1 miliar dollar untuk tiga tahun,” tandasnya. (wik)

Publisher : Fitriyanti

Avatar

Lihat Juga

Politeknik Energi dan Pertambangan Prabumulih Tingkatkan SDM Sumsel

Palembang, KoranSN Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI akan segera merealisasikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.