Home / Gema Sriwijaya / Gempa Bengkulu Terasa di Pagaralam

Gempa Bengkulu Terasa di Pagaralam

gempaPagaralam, KoranSN

Gempa berkekuatan 5,39 skala reachter (SR) yang mengguncang Provinsi Bengkulu, turut dirasakan oleh warga Pagaralam, Minggu (10/4/2016) sekitar pukul 09.14 WIB. Kekuatan gempa sempat membuat warga Kota Pagaralam panik dan berhamburan keluar rumah.

Gempa yang menggoyang bangunan, tiang listrik dan gedung tinggi di Pagaralam, dirasakan cukup kuat, meski hanya berlangsung sekitar lima detik. Gempa ini juga membuat masyarakat yang sedang santai di minggu pagi panik dan berhamburan keluar rumah mencari tampat aman.

Romli ( 40) mengatakan, sangat terkejut, ketika tiba-tiba tanah terasa bergoyang cukup kuat.

Baca Juga :   Natasha, Gadis Lahat Jadi Jawara Nasional

“Sekitar pukul 09.14 WIB, kami yang asyik ngobrol  keluar berhamburan ke tanah lapang dekat rumah. kami khawatir jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” ujar pria yang bertugas di Polres Pagaralam ini, Minggu (10/4/2016).

Sementara Petugas Pos Pemantau Gunung Api (GAD) Dempo Mulyadi  saat dikonfirmasi mengatakan, gempa tersebut bukan terjadi akibat aktifitas Gunung Dempo, namun cukup terasa dan terekam dialat seismograf berkekuatan III MMI.

“Hasil pengamatan alat seismograf di pos pemantau, kalau gempa tersebut tidak terekam alat seismograf. Dengan kata lain gempa getaran jauh yang terasa hingga ke Pagaralam,” katanya.

Baca Juga :   Fraksi DPRD Muratara Setujui APBD-P Muratara Tahun 2019

Infiormasi lain dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jika sumber gempa yang getarannya terasa hingga ke Pagaralam ini terjadi di Bengkulu. Dengan pusat gempa di kedalaman laut dengan kekuatan 5.39 SR, titik lokasinya 4.32 LS,102.09 BT.

“Kita tetap mengimbau kepada masyarakat Kota Pagaralam dan sekitarnya untuk tetap waspada jika sewaktu-waktu gempat kembali terjadi. Saat ini, untuk aktiftas gunung Dempo masih aktif normal, belum terjadi kenaikan starusnya,” ungkap Mulaydi. (asn)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Pemkab Mura Jalin Kesepahaman Bersama dengan ITB

Musirawas, KoranSN Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab) melaksanakan Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Institut Teknologi Bandung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.