Gempa Besar 7,0 SR Guncang Lombok



Gempa 7,0 SR lombok. (foto-net/vivanews.com)

Lombok, KoranSN

Gempa dengan magnitude cukup besar baru saja mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam siaran resminya menyebutkan, gempa memiliki magnitude 7,0 Skala Richter, terjadi pada pujul 18.46.35 WIB, Minggu (5/8/2018).

Tercatat, lokasi gempa berada pada titik koordinat 8.25 Lintang Selatan, 116.46 Bujur Timur atau sekitar 27 kilometer timur laut Lombok Utara, NTB.
Pusat gempa berada di lautan pada kedalaman 10 kilometer.

Sementara gempa bumi 7.0 Skala Richter yang terjadi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Guncangan terasa hingga Trenggalek, Jawa Timur.

Meski tidak berlangsung lama, sejumlah warga sempat keluar rumah saat gempa bumi terjadi. Kekuatan gempa di Trenggalek cukup terasa saat di dalam rumah.

“Cukup terasa, meskipun tidak terlalu besar dan cuma sebentar,” kata salah seorang warga Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Trenggalek, Minggu (5/8/2018).

Baca Juga :   Gelar Festival Sriwijaya, Sumsel Ingin Jual Budaya

Hal senada disampaikan warga Sendang Tulungagung, Denny Trisdianto. Menurutnya getaran gempa cukup terasa di kampungnya.

“Di sini juga terasa,” jelas Denny.

Sementara itu dari peringatan resmi yang dikeluarkan BMKG melalui akun Twitter @infobmkg, gempa berkekuatan 7.0 SR tersebut berpotensi tsunami.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) mengguncang pantai barat Sumatera. Pusat gempa berada pada jarak 36 km barat daya Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengabarkan gempa ini terjadi pada Minggu (5/8/2018) pukul 16.51.27 WIB.

“Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Bagian Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko, dalam keterangan tertulisnya.

Pusat gempa berada di kedalaman 67 km, pada jarak 36 km barat daya Kepulauan Mentawai, 164 barat daya pesisir selatan Sumbar, 183 km barat daya Pasaman Barat, 200 km barat daya Padang, dan 922 km barat laut.

Baca Juga :   Menaker Bantah Bantuan Subsidi Upah untuk Pekerja Dibatalkan

Gempa bumi dengan magnitude 5,2 Skala Richter juga mengguncang Ngada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam siaran resminya menyebutkan, gempa 5,2 SR terjadi pada pukul 17.50.21 WIB, Minggu, 5 Agustus 2018.

BMKG mencatat, lokasi gempa berada pada titik koordinat 9.51 Lintang Selatan, 121.24 Bujur Timur atau berada sekitar 89 kilometer tenggara wilayah Ngada.

BMKG menyatakan, pusat gempa berada di laut pada kedalaman 114 kilometer, dan dirasakan pada skala III MMI di wilayah Waingapu. (viva.co.id/detikcom)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Abdul Mu’ti Diusulkan Jadi Kandidiat Kemendikbudristek

Jakarta, KoranSN Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari mendukung Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, …