Giri: Kabupaten Lebih Realistis untuk Dimekarkan Daripada Provinsi

HM Giri Ramanda N Kiemas.
HM Giri Ramanda N Kiemas.

Palembang, KoranSN

Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas menilai, pemekaran di tingkat kabupaten lebih realistis dari pada pemekaran provinsi, terutama pada daerah – daerah yang rentang kendali pemerintahannya tidak baik, dan kekurangan anggaran pembangunan.

“Kalau pemekarannya di tingkat kabupaten, saya rasa itu hal yang bagus, sedangkan untuk (pemekaran) provinsi, masih memerlukan kajian-kajian yang jauh lebih mendalam, tentang keperluan memecah provinsi itu,” kata Giri ditemui usai rapat paripurna DPRD Sumsel, Kamis (21/4/2016).

Menurutnya, dalam rentang waktu 10 tahun kedepan, perlu dilakukan pemekaran kabupaten-kabupaten baru.

Salahsatu alasan suatu kabupaten perlu dimekarkan kata Giri, dilihat dari luasan daerah. Kabupaten yang daerahnya sangat luas, sehingga dalam rentang waktu lima tahun kepala daerahnya tidak dapat mengunjungi setiap desa di kabupaten tersebut, itu sudah menjadi indikasi kabupaten itu perlu dimekarkan.

Baca Juga :   Ishak Mekki Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Prabumulih

“Seperti kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba) dan Banyuasin. Kalau Palembang saya kira wiayahnya masih terlalu kecil,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel ini.

Ia juga mengingatkan, pemekaran suatu daerah jangan berdasarkan memiliki kepentingan pribadi, atau keinginan menjadi kepala daerah, ataupun hanya mengedepankan kesukuan. Artinya, pemekaran kabupaten, harus juga melibatkan suku lain dalam daerah tersebut.

“Terkadang untuk membelah satu kabupaten, hanya bicara suku sendiri, dan tidak lagi mengajak suku lain. Ini coba ditinggalkan, sekarang pendekatannya melihat masalah rentang kendali pemerintahan, dan pemerataan pembangunan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Sumsel, Joncik Muhammad memiliki pendapat berbeda. Menurutnya, pemekaran Provinsi Sumsel menjadi Provinsi Sumsel Barat harus segera dilakukan.

Baca Juga :   22 Maret, 597 Anggota PPS Pilkada Mura 2020 Dilantik

Ia menilai, dengan luasan daerah yang dimiliki oleh Sumsel, sudah sangat layak Provinsi Sumsel dimekarkan menjadi Provinsi Sumsel Barat, apalagi Provinsi Sumsel sudah memenuhi persyaratan untuk di mekarkan.

“Dengan pemekeran Sumsel Barat diharapkan sumber pendapatan makin banyak, dan pendapatan makin meningkat,” pungkasnya. (awj)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Raker dengan Ketua DPD RI, HD Paparkan 3 Program Prioritas Sumsel

Palembang, KoranSN Gubernur Sumsel H, Herman Deru menggelar rapat kerja bersama Ketua DPD RI LaNyala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.