Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Advetorial / Gubernur Buka STQH ke-25 Tingkat Provinsi Sumsel

Gubernur Buka STQH ke-25 Tingkat Provinsi Sumsel

Gubernur Sumsel, H Herman Deru dan Bupati HM Syarif Hidayat saat acara pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke-25 tingkat Provinsi Sumsel di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Kamis (25/4/2019). (foto-sunardi/koransn.com)

GUBERNUR Sumsel H Herman Deru membuka Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke-25 tingkat Provinsi Sumsel di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Kamis (25/4/2019).

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan STQH tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

“Pertama adanya penambahan satu cabang lomba yaitu hapalan Hadits, yang terdiri dari 100 hadits tanpa sanad, dan 500 Hadits tanpa sanad. Kedua, diadakan babak final pada setiap golongan dan cabang. Dan yang ketiga, memperebutkan piala atau tropy bergilir Bapak Gubernur Sumsel untuk juara umum,” kata Bupati Muratara.

Peserta STQH ke-25 tingkat Provinsi Sumsel tahun 2019 ini berasal dari 17 Kabupaten Kota, yang terdiri dari peserta dan ofisial berjumlah 500 orang.

Baca Juga :   DPRD Sumsel Dengarkan Penjelasan 6 Raperda Dari Gubernur

“Alhamdulillah dalam kondisi sehat wal’afiat,” ucapnya.

Bupati menjelaskan, untuk akomodasi para kafilah menggunakan rumah rumah penduduk masyarakat yang ada di Kelurahan Muara Rupit dan Desa Lawang Agung. Sedangkan untuk Dewan Hakim, Panitera dan Panitia, mengingat keterbatasan fasilitas semuanya diinapkan di Kota Lubuklinggau.

“Semua tempat Kafilah dan Dewan Hakim kami tempatkan dokter dan kesehatan serta keamanan yang sepenuhnya, sedangkan arena lomba yang disiapkan tentunya arena utama yang menjadi tempat acara ini, kemudian di Masjid Baitul Saleh di Kelurahan Muara Rupit dan Masjid Suhada di Desa Lawang Agung,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, lantunan Kalam Ilahi yang menggema selama pelaksaan STQH diyakini mampu menciptakan nuansa religius dan memberikan suasan kesejukan batin bagi masyarakat.

Disamping itu kegiatan STQH dapat menjadi forum silaturahmi yang mengandung nilai nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kenersamaan lintas etnis dan agama sebagai sesama masyarakat Muratara dan Sumsel pada umumnya.

Baca Juga :   Perjalanan Panjang Mahasiswa Menempuh Pendidikan Terbayar Sudah

“Kegiatan Musahbaqoh ini dapat menjadi tolak ukur dinamika pembinaan aktivitas seni baca Al-Quran yang berlangsung di masing-masing Kabupaten dan Kota se-Sumsel,” katanya.

Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, STQH ke-25 tingkat Provinsi Sumsel tahun 2019 dengan resmi dinyatakan dibuka.

Acara berlangusung di lapangan Silampari depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muratara dihadiri oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Kakanwil Kamenag Sumsel, Wakapolda Sumsel, Ketua LPTQ Sumsel, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, Kepala Daerah tetangga, Ketua LPTQ Kabupaten Muratara, Anggota DPR RI Fauzi H.Amro, Kasdam II Sriwijaya.

Kemudian hadir juga Kaplores Mura, Kapolres Lubuklinggau, Dandim 0406 MLM, Sekda Muratara, Kajari Lubuklinggau, Ketua Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Ketua pengadilan Agama Lubuklinggau, Ketua TP PKK Muratara dan Ketua TP PKK Daerah tetangga serta para pajabat dilingkungan Kabupaten Muratara, Ketua Darma Wanita Kabupaten Muratara dan tetangga dan pejabat dari Daerah tetangga lainnya, tokoh agama, tokoh adat, Kafilah dari Kabupaten/Kota se-Sumsel serta masyarakat di Kabupaten Muratara. (adv/snd)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Wawako M Fadli Lepas Atlet Porprov Pagaralam ke Prabumulih

WAKIL Walikota Pagaralam, M Fadli SE melepas lebih kurang 198 atlet dan official dari 14 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.