Gubernur: Petugas Harus Siap, Jangan Seperti Bandara Soetta!

Lebaran2

Palembang, SN
Pemprov Sumsel menginginkan seluruh jajarannya yang terlibat dalam kegiatan mudik lebaran 2015 mendatang siap menghadapi setiap situasi bahkan bencana. Instansi atau dinas terkait harus tahu bagaimana dan apa yang mesti dilakukan.

Pada gelar pasukan lebaran 2015 di terminal Alang-Alang Lebar, Selasa (7/7), Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyampaikan pesan kepada seluruh jajaran yang terlibat dalam kegiatan pengamanan lebaran 2015.

Dia mencontohkan, kebakaran yang terjadi di Bandara Soekarno Hatta beberapa waktu lalu.

Kepada Dishub dan instansi terkait, manajemen untuk mengatasi kalau terjadi keadaan darurat itu harus dilatih. Menurutnya, peristiwa yang terjadi di Bandara Cengkareng (Soekarno Hatta) terlihat bahwa petugas belum terlatih.

“Kalau misalnya terjadi bencana, apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukan itu harus sudah tahu peran, porsi, tugas, dan wewenang masing-masing,” kata Gubernur usai memimpin Gelar Pasukan Lebaran, Terminal Alang-Alang Lebar KM 12, kemarin.

Kejadian di Bandara Soekarno Hatta memperlihatkan ketidaksiapan dari petugas terkait. Sehingga, terjadi penumpukan penumpang penundaan (Delay). Hingga, istri orang nomor satu di Sumsel, Eliza Alex Noerdin juga merasakan ketidaknyamanan delay.

Baca Juga :   Sekda Pastikan LRT Dilaunching 18 April

“Pengalaman kemarin (Kebakaran Bandara Soeta) masih ada ribuan penumpang yang terlambat, termasuk istri saya, harusnya berangkat jam 6, jadi berangkat jam 11 malam dari Cengkareng, untuk keluar dari Jakarta,” ulasnya.

Alex menghimbau kepada masyarakat untuk menciptakan transportasi yang ramah lingkungan pada saat arus mudik lebaran 1436 H. Mengingat pada masa angkutan lebaran permintaan masyarakat terhadap angkutan umum juga meningkat, hal ini akan mengakibatkan dampak polusi udara yang besar pula.

“Untuk itu marilah kita ciptakan transportasi yang ramah lingkungan sesuai dengan program pemerintah yaitu program go green” ucap Alex.

Ia menyatakan bahwa pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2015 (1436 H) diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia khusunya di daerah sumatera yang diselenggarakan pada tanggal 10 Juli 2015 (H-7) pukul 08.00 wib dan berakhir pada tangal 25 Juli 2015 (H+7) pukul 08.00 WIB.

Baca Juga :   ASN Jangan Terima Hadiah, Saut: Kalau Diberi Tolak

“Pada angkutan lebaran tahun 2015 (1436 H) ini diperkirakan lonjakan pergerakan penumpang dalam masa angkitan lebaran dengan memperhatikan pengalaman di tahun 2014, terlihat bahwa lonjakan pergerakan penumpang meningkat lebih kurang 20% terutama pada H-5 dan H+3 sehingga dalam pelaksanaanya diperlukan koordinasi yang baik terutama dalam kenyamanan, keamanan, kelancaran, keselamatan dalam perjalanan,” beber Alex.

“Dalam mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada angkutan lebaran tahun 2015, Provinsi Sumsel menyiapkan mobil derek yang telah ditempatkan di Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Kabupaten OKU dan Kabupaten Ogan Ilir,” pungkasnya. (yun)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Gubernur Herman Deru Harapkan FOKKUS Perluas Syiar Islam

Palembang, KoranSN Keberadaan ustadz dan ustadzah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Ustadz dan Ustadzah (FOKKUS) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.