Selasa , Oktober 23 2018
Home / Gema Sriwijaya / Gunung Api Dempo Keluarkan 32 Kali Embusan

Gunung Api Dempo Keluarkan 32 Kali Embusan

Gunung Api Dempo. (foto-ist)

Pagaralam, KoranSN

Hasil rekaman alat kegempaan seismograf mencatat telah terjadi sebanyak 32 kali embusan yang dikeluarkan dari dalam kawah Gunung Api Dempo. Hal ini diungkapkan Petugas Pos Pemantauan Gunung Api Dempo, Megian Nugraha, kemarin.

Diterangkan Megian, hasil rekap sejak 1 hingga 5 Januari 2018 telah terjadi sebanyak 5 kali kegempaan tektonik jauh, 11 Vulkanik dangkal, dan 7 kali vulkanik dalam, sedangkan berdasarkan pengamatan visual dominan berkabut terhadang diguyur hujan.

“Untuk pengamatan secara visual sejak lima hari lalu, dominan puncak Dempo diselimuti kabut disertai angin hujan di puncak Dempo,” terangnya.

Baca Juga :   Junjung Semangat Restorasi, Kuryana Segera "Tarik Picu" NasDem OKU

Dijelaskan Megian, Pos Pemantuan Gunung Dempo di bawah kendali Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) di Bandung, hingga kini masih menetapkan status gunung dempo berada di level II waspada.

“Ke depan kami belum dapat memprediksi kemungkinan apa yang terjadi terhadap gunung api Dempo, apakah levelnya kembali naik, maupun mengalami penurunan. Pastinya fenomena alam tidak bisa ditebak,” bebernya.

Lanjutnya, akan tetapi Pos Pemantauan Gunung Api Dempo, tetap mengintensifkan pemantuan terhadap kekinian kondisi gunung api dempo, mengantisipsi hal yang tidak diinginkan.

“Adanya gejolak sering terjadi gempa embusan dipastikan air kawah gunung dempo masih dalam kondisi mendidih, untuk itu diimbau kepada seluruh masyarakat maupun pecinta alam untuk tidak melakukan pendakian ke puncak dempo,” imbaunya.
Dikatakan Megian, ditakutkan kawah Dempo sewaktu waktu dapat mengeluarkan gas berbahaya, untuk itu diimbau tetap menjauhi kawasan radius sejauh 3 kilometer dari bibir kawah merapi zona bahaya letusan harus steril dari berbagai aktifitas pendakian.

Baca Juga :   Pjs Wako Prabumulih Richard Chahyadi Hadiri Musrenbang di Grand Nikita

“Diimbau kepada masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap gelojak fenimena alam yang tidak bisa diprediksi sebelumnya, guna mengindari bahaya yang ditimbulkan,” pungkasnya. (asn)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

HSN ke-3, Empat Lawang Peringati Hari Santri di Tingkat Kecamatan

Empat Lawang, KoranSN Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN) ini disahkan oleh ...

error: Content is protected !!