H-15 Perbaikan Jalan Negara Dipastikan Kelar

ilustrasi-perbaikan jalan

Palembang, SN

Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Sumsel memastikan perbaikan jalan negara yang mengalami kerusakan di wilayah Sumsel akan rampung H-15 hari raya Idul Fitri.

Kabid Pelaksana BBPJN Junaidi mengatakan, dari total panjang jalan nasional kurang lebih 1600 Km, saat ini tinggal 5 Km lagi yang masih dalam proses perbaikan.

“Kita pastikan H-15 semuanya sudah rampung,” ujarnya, Senin (29/6).

Junaidi mengakui, memang proses tendernya agak sedikit terlambat dikarenakan adanya perubahan nomenkelatur di Kementerian PU, namun hal itu tidak mengganggu proses pelaksanaan perbaikan malahan pengerjaannya lebih cepat dari tahun sebelumnya.

Ditambahkan Junaidi, total anggaran APBN tahun ini untuk perbaikan jalan mengalami kenaikan dari tahun lalu, menjadi Rp 832 miliar dari Rp 700 miliar. “Dan mengalami penambahan sekitar Rp 200 miliar untuk APBN Perubahan,” tambahnya.

Junaidi juga menyesalkan pihak Dishub yang menggunakan bahu jalan nasional untuk menarik distribusi karena ini mengakibatkan kerusakan dijalan tersebut. “Kita minta supaya dinas perhubungan tidak menggunakan bahu jalan nasional dalam menarik retribusi, karena ini menimbulkan kemacetan dan antrian yang panjang sehingga beban yang ditanggung sangat lama dan mempercepat kerusakan jalan,” tukasnya.

Baca Juga :   IPDN Nilai Alex Noerdin Gubernur Terbaik di Indonesia

Ia mengatakan, ruas jalan yang mengalami kerusakan antara lain di wilayah I yakni di kawasan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Tebing Gerinting, Meranjat Ogan Komering Ilir dan di sekitar perbatasan Provinsi Lampung. Sementara arah ke Jambi jalan yang mengalami kerusakan antara lain sekitar Betung, Banyuasin, Pasar Sungai Lilin dan arah perbatasan.

“Semua jalan yang mengalami kerusakan itu terus diperbaiki dan diharapkan sebelum lebaran sudah nyaman dilalui kendaraan,” ujarnya.

Senada dengan Junaidi, Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Heru Setiawan mengatakan, pihaknya sekarang ini terus memaksimalkan pengerjaan supaya jalan yang mengalami kerusakan itu selesai sebelum Idul Fitri.

Baca Juga :   Empat Fraksi Walkout Dari Rapat Banggar

Pihaknya berupaya 15 hari sebelum Idul Fitri jalan yang rusak tersebut sudah selesai diperbaiki. “Selain perbaikan jalan yang mengalami kerusakan, kami juga melakukan pelebaran jalan seperti di Indralaya,” ujarnya.

Dijelaskan Heru, untuk wilayah I atau lintas timur pihaknya bertanggung jawab memperbaiki jalan Palembang – Jambi dan Palembang menuju Lampung.

“Itu terus dipantau supaya saat mudik lebaran nanti aman dilalui kendaraan,” tandasnya. (yun)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Gubernur HD dan Tim Menhub RI Tinjau Terminal Karya Jaya

Palembang, KoranSN Hampir dipastikan keberadaan Terminal Karja Jaya Kertapati Palembang, yang selama ini terbengkalai akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.