Selasa , Oktober 23 2018
Home / Politik dan Pemerintahan / Hadi Prabowo Jabat Pj Gubernur Sumsel

Hadi Prabowo Jabat Pj Gubernur Sumsel

Pimpinan DPRD Sumsel menujukkan surat pengunduran diri Gubernur Sumsel. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Alex Noerdin-Ishak Mekki secara resmi mengajukan surat pengunduran diri ke DPRD Sumsel dalam Rapat Paripurna Istimewa XXV DPRD Provinsi Sumsel, Rabu (19/9/2018). Jabatan keduanya kini diemban oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Drs Hadi Prabowo.

Plt Ketua DPRD Sumsel HM Yansuri ditemui usai rapat paripurna mengatakan, Sekjen Kemendagri Drs Hadi Prabowo ditunjuk Mendagri menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel hingga masa bakti Alex Noerdin berakhir.

“Terhitung mulai tanggal 21 September hingga tanggal 7 November nanti Drs Hadi Prabowo akan menjadi Pj Gubernur Sumsel. Ini karena adanya kekosongan kepala daerah, kan Alex Noerdin dan Ishak Mekki sama-sama maju di pileg 2019, sehingga mereka berdua harus mengundurkan diri,” ujar Yansuri.
Sebagaimana diketahui, baik Alex Noerdin maupun Ishak Mekki memutuskan untuk maju sebagai calon legislatif (Caleg) DPR RI. Alex maju di daerah pemilihan (Dapil) Sumsel 2, sementara Ishak Mekki maju di Dapil Sumsel 1.

Baca Juga :   Berkhianat di Pilkada 2018, Kader Tidak Akan Dilibatkan Lagi

Dikatakan Yansuri, meskipun menjabat sebagai Pj Gubernur, wewenang yang dipegang Pj terbatas. Namun dalam kondisi dan situasi tertentu Pj juga bisa mengambil kebijakan penting.

“Kalau kebijakan pasti terbataslah mudah-mudahan tidak ada yang penting. Pada pembahasan APBD induk tahun depan, kita ingin memasukkan program dari Gubernur terpilih, agar janji-janji politik selama kampanye bisa diwujudkan,” ujarnya.

Terpisah, mantan Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki berharap Gubernur yang baru terpilih dapat melanjutkan keberhasilan Sumsel dan menuntaskan pekerjaan yang belum terselesaikan.

“Masih banyak pekerjaan yang masih tertunda dan belum selesai. Saya harap pembangunan di Sumsel bisa terus lebih baik,” pungkasnya.

Sementara Alex Noerdin secara informal sudah pamit ke DPRD Sumsel saat menghadiri rapat paripurna, Senin (17/9/2018). Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada anggota DPRD Sumsel untuk mendukung Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel terpilih periode 2018-2023, Herman Deru-Mawardi Yahya.

Baca Juga :   Maknai Perdamaian dan Persaudaraan, Alex Noerdin Sambut Obor Paskah Nasional

“Mari kita dukung gubernur yang baru, seperti selama ini anda sekalian mendukung dan membantu dengan tulus dan ikhlas Gubernur Alex Noerdin,” ungkap Alex.

Dikatakannya, dengan dukungan dan kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif, Sumsel berhasil menorehkan prestasi yang luar biasa, dengan meraih 142 perhargaan dalam kurun waktu 4-5 tahun terakhir. Artinya, setiap 10 hari, Sumsel mendapat satu penghargaan.

“Sumsel dalam 4 sampai 5 tahun terakhir, telah mendapat 142 penghargaan, baik dari presiden, kabinet, lembaga-lembaga tinggi negara, maupun dari yayasan internasional, itu yang meyakinkan kita bahwa Sumsel dalam trek yang benar,” pungkas Alex. (awj)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

HD: Butuh Kerja Keras Menangkan Jokowi di Sumsel

Palembang, KoranSN Sebanyak 25 lawyer mendeklarasikan diri sebagai Tim Pembela Jokowi Sumsel, bertempat di Ballroom ...

error: Content is protected !!