Harga Cabai di Kayugung Tembus Rp 70 Ribu/Kg

Stok cabai di pasar Kayuagung tetap banyak. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Iklim menjadi faktor utama penyebab tinggi harga cabai di sejumlah daerah, termasuk perkotaan Kayuagung. Kenaikan harga cabai di pasar kota kecil ini terus berlanjut dari pekan ke pekan.

Terkini, harga cabai di Pasar Pagi Kayuagung menyentuh Rp 70 ribu/kg untuk kualitas bagus dan kualitas sedang Rp 60 ribu dengan berat sama. Harga ini naik lagi dari pekan lalu yang berada di kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu perkilogram.

Lisa (25) yang membantu orangtuanya berjualan di Pasar Pagi Kayuagung, Minggu (14/1/2018) mengatakan, meski harga cabai terus-terusan naik namun pembelinya tetap banyak seperti biasa. “Tapi belinya dikit dikit, hanya 1 ons atau 1/4 kg,”katanya seraya tak memiliki pelanggaan yang membeli hingga kiloan.

Baca Juga :   Dua Oknum PNS Pemkab OKI Terjaring OTT

Dikatakannya, setiap hari ia dan orangtua membawa cabai ke pasar antara 10 hingga 15 kg. Berjualan dari pagi hingga petang, cabai itu memang tak pernah habis. “Karena harganya mahal jadi orang beli secukupnya,”ujar dia seraya menduga harga terus naik karena saat ini musim panas.

Pedagang cabai lainnya asal Desa Celikah bernama Parman (41) juga mengungkapkan serupa. Meski mahal tetap saja jumlah pembeli tidak sepi. “Memang sudah naik dari agennya. Jadi kami ikut naikkan harga,”ujarnya.

Pantauan Suara Nusantara di pasar, kenaikan harga cabai terus menerus ini ternyata bukan disebabkan kelangkaan stok. Penjual cabai tetap banyak dan mudah dijumpai di pasar baik yang jualan kiloan ataupun tumpukan.

Baca Juga :   Walikota Lubuklinggau Himbau Warga Waspada Banjir & Longsor

Kepala Dinas Perdagangan OKI Sudiyanto Djakfar SSos MSi belum memberikan penjelasan terkait harga cabai. “Maaf kak, bapak sedang sakit. HPnya anaknya yang pegang, saya anaknya. Nanti saya sampaikan ke bapak,”demikian balasan pesan WA yang dikirim dari ponsel Kepala Dinas Perdagangan. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati Lahat Buka Secara Resmi Festival Tari Kreasi Tradisional dan Lagu Daerah

Lahat, KoranSN Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi daerah, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pariwisata …