Home / Ogan Komering Ulu Selatan / Harga Jual Beras Turun, Petani Bersedih

Harga Jual Beras Turun, Petani Bersedih

berasMuaradua, KoranSN.com

Suka cita bagi para petani yang saat ini memanen padi hasil garapan sawahnya. namun di sisi lain merasa sedih lantaran disaat musim panen tiba mendadak harga beras mengalami penurunan dibanding dengan musim tahun lalu.

Seperti yang dialami masyarakat petani sawah di Kecamatan Simpang OKU Selatan mengatakan, harga beli di tingkat petani baru-baru ini hanya Rp 7 ribu saja per kilo gram. Kondisi tersebut membuat petani merasa tidak beruntung.

“Kami merasakan beban berat untuk mengolah sawah kami. Kebutuhan kami banyak, sedangkan panen padi murah ini membuat kami tidak merasa terbantu,” jelas Komi saat di sambangi di Simpang beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   BPKAD Sosialisasikan Pedoman Penyusunan APBD 2020

Dijelaskannya, harga tersebut hampir berlaku di seluruh pabrik penggilingan padi di sekitar kecamatan Simpang. Harga jual beras jauh berbeda dengan harga beli beras petani di musim panen sebelumnya.

Musim panen lalu beras petani dihargai 8 ribu hingga 9 ribu perkilogram tergantung kualitas beras. “Saat ini disini harga beras rata-rata 7 ribu per kilogram hal ini yang membuat petani disini benar-benar merasa terpukul,” bebernya.

Sementara itu keluhan yang sama dari Udin. Menurut Udin, turunnya harga-harga beras terutama di sekitar wilayah Simpang dipicu oleh adanya panen serentak. Apalagi Kecamatan Simpang salah satu sentra tanaman padi di OKU Selatan. Itu penyebab dari panen serentak yang berimbas pada jatuhnya harga beras disini. “Kondisi panen serentak memicu harga penjualan beras menurun,” katanya. (dan)

Baca Juga :   Wanita di OKUS Jadi Bandar Ekstasi di Orgen Tunggal Pesta Pernikahan

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

33 Calon Paskibraka 2019 OKU Selatan Dilatih Fisik dan Mental

Muaradua, KoranSN Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten OKU Selatan telah memasuki tahapan pelatihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.