Home / Headline / Hari Ini Dishub Rekayasa Lalin di Bawah Ampera

Hari Ini Dishub Rekayasa Lalin di Bawah Ampera

Kondisi macet  dan semrawut kendaraan dibawa Ampera berlangsung setiap hari
Kondisi macet dan semrawut kendaraan dibawa Ampera berlangsung setiap hari. FOTO-FERDINAND/KORANSN

Palembang, KoranSN

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Palembang, Sulaiman Amin mengungkapkan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di bawah Jembatan Ampera, hari ini. Hal tersebut dilakukan perihal banyaknya keluhan warga terhadap kemacetan yang sering terjadi di kawasan tersebut.

Lanjut Sulaiman,  untuk menertibkan lalulintas di bawah Jembatan Ampera, pihaknya bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palembang dan Polsek Ilir Barat (IB) I melakukan penertiban terhadap parkir liar di sekitar Pasar 16, Rabu (13/4/2016).

“Sedikitnya ada empat unit sepeda motor dan tiga becak motor (bentor) berhasil dijaring dan dibawa ke kantor Dishub. Karena para pemilik motor ini parkir pada tempat yang tidak semestinya. Padahal kan sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda), tidak boleh parkir di badan jalan atau trotoar,” terangnya.

Baca Juga :   Hari Kedua Lebaran, Alex Noerdin Open House di Merdeka

Untuk pengaturan rekayasa lalin, Sulaiman menjelaskan, pihaknya akan membuat jalur khusus kendaraan umum (angkot) dan jalur kendaraan pribadi. Mengingat angkot kerap berhenti untuk menurunkan atau menaikkan penumpang. Hal ini dilakukan demi kenyamanan pengendara di kawasan padat angkutan umum tersebut.

“Seperti apa rekayasa detailnya masih akan kami bahas dalam rapat, besok (14/4)- (hari ini) segera kita uji coba,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat. Jika memarkirkan kendaraan di tempat parkir resmi, jangan di tempat parkir sembarangan. Sebab, para Juru Parkir (Jukir) ilegal sering memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menarik tarif parkir lebih tinggi dari ketetapan perda yang berlaku.

“Parkir liar saat ini memang tengah didata dan diarahkan. Kawasan ini selalu dikeluhkan sampai ke tingkat dewan, seperti disebutkan dalamm pandangan fraksi Senin (11/4/2016)lalu. Karena itu, kita bersegera menertibkan kawasan ini,” imbuhnya.

Baca Juga :   Calon Pemimpin 'Baru' Kota Palembang Bermunculan

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Palembang Tatang Duka Direja menambahkan, pihaknya siap bersinergi dengan Dishub dan Polsek IB I dalam menjaga ketertiban dan keamanan kawasan bawah ampera.

Pihaknya sendiri bertugas dalam menertibkan Pedagang kaki Lima (PKL) yang tidak mengikuti aturan berjualan yang sudah di tentukan yakni mulai pukul 15.00 wib. Hal ini sesuai dengan Perda No 29 tahun 2009.

“PKL kawasan Pasar 16 ini selalu jadi sorotan, untuk ketertibannya sud]ah diatur kapan mereka boleh berjualan kapan tidak. Tidak mengindahkan bakal kita tertibkan,” tukasnya. (tya)

Publisher : Fitriyanti

Avatar

Lihat Juga

Heli Water Bombing Padamkan Kebakaran Lahan

Palembang, KoranSN Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, Senin (19/8/2019) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.