Home / Seputar Polresta / Hari Ini 4 Tersangka Dugaan Korupsi Tugu Batas Kota Palembang Disidangkan

Hari Ini 4 Tersangka Dugaan Korupsi Tugu Batas Kota Palembang Disidangkan

Empat tersangka dugaan korupsi pembangunan tugu perbatasan Kota Palembang saat dilimpahkan ke Kejari Palembang. (Foto-dok-Ferdinand/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Hari ini, Senin (12/8/2019) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel akan menggelar rapat pleno penetapan calon legislatif (Caleg) DPRD Sumsel dan Kota Palembang terpilih periode 2019-2024.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan, sesuai jadwal rapat pleno akan digelar di Hotel Swarna Dwipa Palembang pukul 15.00 WIB.

Rencana rapat pleno tersebut terungkap dalam rapat koordinasi mengenai persiapan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Pemilu Tahun 2019 di KPU Sumsel, Sabtu (10/8/2019).

Kegiatan Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Ketua, Anggota, Sekretaris KPU Provinsi Sumatera Selatan, Polda Sumatera Selatan, Pemprov Sumatera Selatan, Kesbangpol Sumatera Selatan, Polresta Kota Palembang, Sekretaris KPU Kota Palembang, Bawaslu Kota Palembang, serta Staf KPU Provinsi Sumatera Selatan dan Awak Media.

Baca Juga :   Pelaku Bobol Minimarket di Gandus Diringkus

“Mengingat Ketua dan Anggota KPU Kota Palembang sedang dinonaktifkan, sehingga kami KPU Provinsi Sumatera Selatan mengambil alih untuk Penetapan Kota Palembang, untuk mempersingkat waktu kami menetapkan nya dalam waktu yang sama,” ungkap Kelly.

Sebelumnya, pelaksanaan rapat pleno ini tidak terlepas dari ditolaknya gugatan caleg melalui partai politik masing-masing oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dalam persidangan, Rabu (7/8/2019).

“Alhamdulillah, karena rahmat dan pertolongan Allah dan bimbingan pimpinan KPU RI yang baik dan bijaksana. PHPU Sumsel tuntas dibacakan hari ini Rabu, 7 Agustus 2019,” kata Kelly.

Menurut Kelly, semua gugatan yang disampaikan semuanya tidak dikabulkan atau tidak ditindaklanjuti.

Ia menerangkan, ada 12 permohonan yang tersebar di 26 daerah pemilihan (Dapil) yang dipersoalkan. Rinciannya, 1 Dapil DPR RI, 4 Dapil DPRD Provinsi dan 21 Dapil kab/kota.

Baca Juga :   Kepala Oditur Tegaskan Tolak Pembelaan Prada Deri Pramana Terdakwa Mutilasi Fera di Sungai Lilin

“Putusannya, 4 Dapil ditolak, 22 Dapil dinyatakan tidak dapat diterima dan 3 Dapil diputus dalam putusan dismissal,” ungkap Kelly.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan, Hepriyadi mengatakan, pasca putusan MK, KPU Sumsel masih akan menunggu salinan putusan resminya untuk kemudian menetapkan Caleg DPRD Provinsi terpilih periode 2019-2024.

“Selanjutnya paling lambat lima hari setelah menerima salinan putusan tersebut, kita akan menggelar rapat pleno terbuka untuk menetapkan caleg terpilih,” terang Hepriyadi.

Ia mengatakan, KPU Sumsel hanya menetapkan caleg DPRD Provinsi terpilih, sementara untuk calon DPD maupun DPR RI terpilih akan dilakukan oleh KPU RI.

“Sementara, untuk jadwal pelantikan kita akan mengikuti jadwal dari pemerintah daerah,” ujarnya. (awj)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pejabat Hingga PNS Pemkot Palembang Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Tugu Batas di TAA

Palembang, KoranSN Penyidik Tindak pidana korupsi (Tipikor) Polresta Palembang melakukan pemeriksaan pejabat hingga sejumlah PNS …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.