Senin , September 24 2018
Home / Asian Games 2018 / Hari Ini Opening Ceremony Asian Games

Hari Ini Opening Ceremony Asian Games

Palembang, KoranSN

Hari ini, Sabtu (18/8), pesta olahraga terakbar tingkat asia, Asian Games XVIII, resmi dimulai. Opening Ceremony akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Jakarta.

Dari situs resmi Asian Games, Opening Ceremony bakal menyuguhkan tarian kolosal yang bertema sangat Indonesia. Selain itu, sejumlah musisi bakal tampil di atas panggung dengan panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter.

Setidaknya ada 18 penyanyi bakal tampil. Di antaranya. Anggun C Sasmi, Raisa, Tulus, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, Kamasean, dan Via Vallen. Juga, pianis muda Joey Alexander.

Kota Palembang, Sumsel dan Jakarta ditunjuk sebagai tuan rumah dalam pagelaran Asian Games yang diikuti oleh 45 negara ini. Pesta olahraga terakbar di Asia ini akan memperebutkan 465 medali emas dari 40 cabang olahraga.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, pihaknya akan menggelar nonton bareng (Nobar) pembukaan Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City (JSC). Sebelum Nobar, atlet, ofisial dan warga yang datang akan disuguhi berbagai acara pembukaan berkonsep kasual.

“Untuk pembukaan di Palembang konsepnya kasual, tapi sekitar pukul 07.00 malam, kita relay menonton pembukaan yang di Jakarta, defile, pidato presiden dan lainnya,” kata Alex, Jumat (18/8).

Alex mengatakan, untuk menuju ke lokasi pembukaan di Palembang, para atlet tidak butuh waktu lama, tinggal berjalan kaki, karena lokasinya di JSC.

“Akan ada acara hiburan, senang-senang, dan atlet tinggal jalan kaki saja, nanti pelaksanaannya di Jakabaring Sport City,” kata Alex.

Baca Juga :   Hujan dan Angin Kencang Antarkan Voli Pantai Putri Indonesia Raih Perunggu

Sementara Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan mengaku sudah memerintahkan Satgas yang melaksanakan pengamanan terutama di areal Jakabaring, untuk selalu mewaspadai terhadap hal-hal yang mencurigakan, terutama bagi personel lapis tiga.

“Pagar betis di seluruh lingkaran luar dari JSC, diluar pagar didirikan tenda 24 jam, tidur disitu dengan menggunakan pelbed atau matras,” ujarnya.

“Betul-betul diwaspadai dari TNI dan Polda, bagi yang masuk yang bawa tas cek betul-betul dengan cara baik dengan cara sopan, sesuai prosedur,” tuturnya.

Pangdam juga mengingatkan pada saat kapan penggunaan senjata dilakukan, yang mana harus sesuai dengan Protap (Prosedur Tetap).

“Tidak ada yang menggunakan amunisi tajam, kecuali dalam keadaan darurat, ada perintah dari Dansatgas,” tandasnya.

Bakal Jadi Pembukaan Termegah

Terpisah, CEO PT Netmediatama Televisi, Wishnutama, yang ditunjuk untuk menjadi creative director untuk seremoni pembukaan Asian Games 2018 telah menyiapkan acara yang diklaim bakal menjadi termegah di dunia. Mengalahkan pembukaan Olimpiade yang pernah ada.

Penanggung jawab koreografi Opening Ceremony Asian Games 2018, Denny Malik, menyebut tarian kolosal dengan melibatkan 4.000 penari menjadi sajian utama. Tarian itu dibagi menjadi beberapa sesi, yakni pembukaan (salam), water (air), wind (angin), earth (bumi), fire (api), kemudian cosmo (kekinian).

Semua konsep itu akan ditampilkan pada sebuah panggung yang megah di SU GBK. Di sana akan terdapat gunung berikut air terjunnya.

Baca Juga :   Laga Hidup-Mati Indonesia

“Setting panggungnya nanti akan menjadi yang terbesar yang pernah ada. Bahkan lebih dari pembukaan Olimpiade karena ada air terjun dan elemen lainnya di panggung tersebut,” kata Denny saat dihubungi Jumat (17/8).

Selain menyajikan tampilan panggung yang luar biasa, kontingen atlet negara-negara peserta yang melakukan defile di SUGBK tidak dibiarkan berdiri. Melainkan disiapkan kursi VVIP untuk para atlet duduk di bangku tersebut dan menikmati sajian selama kurang lebih 40 menit tersebut.

“Jadi sebelum parade atlet, para penari akan melakukan doa, setelah itu akan ada tarian selamat datang kepada para tamu. Tarian Garis Indonesia yang dilakukan oleh 1.600 penari wanita yang merupakan pelajar. Mereka akan menyambut dengan ucapan salam dari muslim mencirikan bangsa kita yang mayoritas beragama Islam,” katanya.

“Setelah itu, atlet melakukan parade. Selama ini, jika Olimpiade atau Asian Games, SEA Games, atau multievent lainnya biasanya mereka salam. Sekarang, setelah atletnya parade setelah itu diberi tempat duduk. Jadi mereka itu dihibur dan menikmati sajian. Ada 15 kursi kami siapkan untuk (masing-masing) 45 negara,” ujarnya.

“Jadi mereka nonton langsung. Kami suguhkan sajian karena sebenarnya kan bintangnya mereka, atlet-atlet tersebut. Dan saya berani jamin ini bakal menjadi pertunjukan termegah karena dari segi tarian, kostum, itu tidak ada di belahan dunia mana pun,” kata dia. (awj/detikcom)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Alex Noerdin Evaluasi Asian Games 2018

Palembang, KoranSN Perhelatan Asian Games 2018 sudah berakhir. Meski mendapat sukses besar, namun Gubernur Sumsel ...

error: Content is protected !!