Hari Ini Terdakwa Korupsi Kredit BSB Hadapi Vonis Hakim, JPU Yakin Augustinus Judianto Dihukum 12 Tahun Penjara

Terdakwa kasus kredit macet Bank Sumsel Babel Ir Augustinus Judianto Komisaris PT Gatramas Internusa didampingi pengacara saat mengikuti sidang di PN Palembang beberapa waktu yang lalu.(foto-Ferdinand/dok/Koransn)

Palembang, KoranSN

Hari ini, Senin (24/2/2020) Ir Augustinus Judianto selaku Komisaris PT Gatramas Internusa yang merupakan terdakwa dugaan kasus korupsi kredit modal kerja Bank Sumsel Babel (BSB), diagendakan menghadapi vonis dari Majelis Hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tipikor Palembang.

Demikian dikatakan Kasi Bidang Penuntutan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kejati Sumsel, M Na’imullah SH MH, Minggu (23/2/2020).

Menurutnya, sidang vonis atau putusan tersebut digelar lantaran pada sidang sebelumnya terdakwa telah menjalani persidangan dengan agenda tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel serta sidang pledoi atau pembelaan terdakwa.

Baca Juga :   Bergilir, Pejabat Pemprov Sumsel Akan Diperiksa Kejati Terkait Dugaan Korupsi Jual Beli Gas PT PDPDE

“Untuk itu besok (hari ini), terdakwa dugaan kasus korupsi kredit modal kerja Bank Sumsel Babel, yakni terdakwa Augustinus Judianto diagendakan menjalani sidang vonis atau putusan dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Palembang,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, pihaknya selaku JPU Kejati Sumsel berkeyakinan jika dalam putusan tersebut Hakim akan menjatuhkan vonis kepada terdakwa sama dengan tuntutan yang telah dibacakan dalam persidangan sebelumnya.

Dimana dalam tuntutan tersebut, terdakwa dituntut Pasal 2 ayat (1) UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan pidana 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta. Selain itu terdakwa juga dibebankan uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 13,4 miliar. Jika uang itu tidak dibayarkan maka harta bendanya akan disita lalu dilelang, dan apabila harta benda yang disita tidak mencukupi jumlah kerugian negara yang terjadi maka terdakwa diberikan hukuman tambahan yakni 6 tahun kurungan.

Baca Juga :   Begal Musi II Bergolok Jatuh Ditabrak Mobil Warga

“Jadi, kami yakin terdakwa akan dijatuhkan putusan sesuai dengan tuntutan kami,” tandasnya.

Sementara Adi Purnama selaku Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejati Sumsel juga mengatakan hal yang sama. Jika terdakwa Augustinus Judianto akan menjalani sidang vonis pada Senin (24/2/2020).

“Iya benar besok (hari ini), terdakwa Augustinus Judianto akan menjalani sidang putusan dari Majelis Hakim,” tutupnya. (ded)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Hutang Rp 2 Juta Motif Pembunuhan Dodi DJ di Lorong Kemas Pasar Kuto

Palembang, KoranSN Pihak kepolisian Sat Reskrim Polsek IT 2 Palembang berhasil mengungkap kasus pembunuhan korban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.